IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN PRODUK-PRODUK USAHA KECIL BINAAN POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i1.839Abstract
Pengelolan buah naga menjadi produk-produk yang khas dan memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani warga Karang Joang RT 19 KM 12 Balikpapan utara sudah cukup lama namun kelompok ini masih belum memiliki pengetahuan yang baik tentang bagaimana memasarkan produk yang mereka hasilkan dengan tepat sehingga mereka dapat mengenalkan produk mereka kepada masyarakat dan meningkatkan penjualan produknya.
Berdasarkan hasil observasi permasalahan mitra pada kelompok tani warna Karang Joang RT 19 dapat diidentifikasi sebagai berikut: 1) Bagaimana memasarkan produk agar lebih dikenal oleh masyarakat luas baik melalui media offline maupun menggunakan media sosial, 2) Bagaimana desain produk agar masyarakat mengenal hasil olahan buah naga.
Solusi yang ditawarkan berdasarkan uraian permasalahan mitra yang sedang dihadap diantaranya yaitu: 1) Pembekalan pengetahuan dasar tentang pemasaran, 2) pendampingan pemasaran baik secara offline mau menggunakan media sosial.
Â
Keywords: Â peningkatan penjualan dan strategi pemasaranDownloads
References
Herudiyanto, M.S., 2008. Teknologi pengemasan pangan. Bandung: Widya Padjadjaran.
Kotler, P. and Keller, K.L., 2009. Manajemen pemasaran jilid 1. Jakarta: PT. Prehallindo.
Kotler, P. and Keller, K.L., 2009. Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga, 71.
Makmur, R., 2016. Bisnis Online. Bandung: Informatika.
Rizaldi, T. and Hermawan, H., 2017. Pemanfaatan E-Commerce sebagai Strategi Peningkatan Pemasaran UMKM. Prosiding.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.