Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis IT Bagi Guru MI
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1399Keywords:
model pembelajaran, project based learning, berbasis ITAbstract
Kegiatan Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis IT Bagi Guru MI ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru untuk menguasai konsep-konsep matematika dengan baik sehingga mampu menyajikan materi dengan menarik serta meningkatkan kemampuan guru memanfaatkan teknologi dalam media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan gambaran yang jelas bagi guru di sekolah mitra mengenai perencanaan penerapan model pembelajaran project based learning dan penerapan model pembelajaran berbasis IT menggunakan camtasia studio dalam meningkatkan motivasi guru maupun peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Peserta dalam kegiatan pelatihan ini adalah seluruh guru MI El-Syifa dan beberapa perwakilan guru di sekitar MI El-Syifa seperti MI Nurusa’adah, MI Sir Banar dan MI Sirojul Athfal. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan ini antara lain ialah observasi, diskusi dan simulasi. Metode observasi dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai pembelajaran yang biasa dilakukan di lingkungan mitra, sehingga didapatkan data berupa keadaan sekoah, suasana kelas dan situasi pembelajaran. Metode diskusi dilakukan agar didapatkan solusi dari permasalahan yang ditemukan selama observasi. Metode simulasi dilakukan untuk memberikan contoh penerapan model pembelajaran project based learning dan perancangan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis IT yaitu camtasia studio.
Downloads
References
Darmawan, H., 2016. Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Menggunakan Media Animasi dengan Kerangka Kerja TPCK dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Formatif Vol 6 (1) (pp.1-10).
Mulyasa, E, 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Setyono, 2007. Mathemagics Cara Jenius Belajar Matematika. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Widyantini, T., 2014. Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Artikel: PPPPTK Matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Arfatin Nurrahmah, Abdul Karim, Huri Suhendri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.