Pelatihan Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk MGMP Ekonomi MAN Kota/Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i1.2954Keywords:
Inovasi Pembelajaran, Pelajaran Ekonomi, Platform Pembelajaran Jarak JauhAbstract
Masa pandemi Covid-19 merupakan perubahan baru pada dunia pendidikan dalam pemanfaatan teknologi seiring dengan industri 4.0. Hal ini mengharuskan seluruh tenaga pendidik untuk berfikir inovatif dalam memperbaiki proses pembelajaran jarak jauh, termasuk pada mata pelajaran Ekonomi di tingkat SMA/MA. Fakta di lapangan menyebutkan bahwa, tenaga pendidik belum maksimal dalam memanfaatkan aplikasi pembelajaran, minimnya informasi, dan pengatahuan mengenai model pembelajaran inovatif jarak jauh. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi professional guru ekonomi sehingga dapat menciptakan media pembelajaran yang tepat dan interaktif. yang dapat diaplikasikan dalam model pembelajaran jarak jauh. Ilmu dari pakar yang disertai dengan kegiatan diskusi bersama, diharapkan mampu mengintegrasikan teori dan praktik dalam pembelajaran ekonomi. Kegiatan ini berhasil menghimpun guru ekonomi yang tergabung dalam MGMP Ekonomi MAN Kota/ Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah Focus Group Discussion (FGD) dan pendampingan pembuatan model pembelajaran inovatif meliputi materi dan kuis untuk kegiatan ulangan harian. Kegiatan dilaksanakan dengan kunjungan secara langsung dan secara daring. Luaran dari kegiatan ini adalah adanya materi yang dibuat oleh para guru pada salah satu platform media pembelajaran online dan kuis online yang bisa dikerjakan oleh siswa.
Downloads
References
Basham, J. D., Blackorby, J., & Marino, M. T. (2020). Opportunity in Crisis: The Role of Universal Design for Learning in Educational Redesign. Learning Disabilities: A Contemporary Journal, 18(1), 71–91.
Ekowati. Sri Harini dkk. 2020. Implementasi Kahoot Dalam Pembelajaran Bahasa Prancis Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK DKI Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Dinamisia
Hoi, S. C., Sahoo, D., Lu, J., & Zhao, P. (2018). Online learning: A comprehensive survey. arXiv preprint arXiv:1802.02871.
Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran ELearning Saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Tambelangan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 149–154. doi: 10.31764/paedagoriav11i2.2467
Kusuma, Yosela Alvi. 2020. Efektifitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring Fisika. Universitas Sanata Dharma.
Li, D.-C., & Tsai, C.-Y. (2020). An Empirical Study on the Learning Outcomes of E- Learning Measures in Taiwanese Small and MediumSized Enterprises (SMEs) Based on the Perspective of Goal Orientation Theory. Sustainability, 12(12), 5054. doi: 10.3390/su12125054
Mällinen, S. (2018). Teacher effectiveness and online learning. In Teaching & Learning Online (pp. 139-149). Routledge
Mulatsih. Bekti. 2020. Penerapan Aplikasi google classroom, google form, dan quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru.
Pakphan, Roida., Fitriani, Yuni. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid 19. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 4 (2), 30-36.
Panigrahi, R., Srivastava, P. R., & Sharma, D. (2018). Online learning: Adoption, continuance, and learning outcome—A review of literature. International Journal of Information Management, 43, 1-14.
Solviana, Meita D. 2020. Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring Di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research.
Suciningsih. 2020. Quizizz sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar dalam Masa Pandemi di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas. IAIN Purwokerto. UNESCO (2020). Covid-19 Educational Disruption and Response. Dipetik April 6, 2020, dari UNESCO: https://en.unesco.org/themes/education emergencies/coronavirus-school-closurs
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Annisya Annisya, Lustiana Fajar Prastiwi, Wahjoedi Wahjoedi, Yohanes Hadi Soesilo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.