Membudayakan Pembelajaran Hybrid di Sekolah Melalui Coaching Edukatif Pemanfaatan Google Classroom

Authors

  • Edi Irawan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Wirawan Fadly Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1423

Keywords:

Kelas Hybrid, Google Classroom, Pembelajaran 4.0

Abstract

Lahirnya revolusi industry 4.0 perlu diiringi pula dengan revolusi di bidang pendidikan dan pembelajaran. Pembelajaran hybrid dengan memanfaatkan teknologi internet menjadi sebuah kebutuhan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membudayakan pembelajaran hybrid di sekolah dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru dalam memanfaatkan pembelajaran hybrid berbasis aplikasi google classroom. Metode pengabdian yang dilakukan adalah melalui participatory action research (PAR). Metode PAR ini lebih ditekankan pada aktifitas transformasi sosial melalui tindakan aksi dalam bentuk coaching edukatif pemanfaatan inovasi teknologi pembelajaran yang sedang berkembang. Adapun tahapan metode PAR yang digunakan adalah 1) pemetaan masalah, 2) penetapan solusi aksi, 3) pelaksanaan aksi, 4) refleksi kritis. Subyek kegiatan ini adalah guru yang tergabung dalam MGMP IPA Kabupaten Ponorogo berjumlah 24 orang. Hasil coaching edukatif menunjukkan bahwa 1) guru antusias untuk memanfaatkan aplikasi google classroom dalam pembelajaran, 2) terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan guru setelah memanfaatkan pembelajaran hybrid berbasis google classroom.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Edi Irawan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Wirawan Fadly, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

References

Gardiner, M.O., Rahayu, S.I., Abdullah, M.A., Effendi, S., Darma, Y., Dartanto, T., Aruan, C.D., 2017. Era Disrupsi Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia. Jakarta: Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Hakim, A.B., 2016. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT 2.

Iftakhar, S., 2016. Google Classroom: What Works and How? Journal of Education and Social Sciences 3, 12–18.

Martin, F., Parker, M.A., 2014. Use of synchronous hybrid classrooms: Why, who, and how. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching 10, 192–210.

Rochmah, E., Majid, N.W.A., 2018. Membangun Hybrid Classroom Melalui Social Learning Networks (SLNS). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 8, 15–21.

Schwab, K., 2017. The Fourth Industrial Revolution. Crown Business.

Thorne, K., 2003. Blended Learning: How to Integrate Online & Traditional Learning. Kogan Page Publishers.

Published

2020-06-29

How to Cite

[1]
E. Irawan and W. Fadly, “Membudayakan Pembelajaran Hybrid di Sekolah Melalui Coaching Edukatif Pemanfaatan Google Classroom”, j-dinamika, vol. 5, no. 1, pp. 87–92, Jun. 2020.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.