Membudayakan Pembelajaran Hybrid di Sekolah Melalui Coaching Edukatif Pemanfaatan Google Classroom
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1423Keywords:
Kelas Hybrid, Google Classroom, Pembelajaran 4.0Abstract
Lahirnya revolusi industry 4.0 perlu diiringi pula dengan revolusi di bidang pendidikan dan pembelajaran. Pembelajaran hybrid dengan memanfaatkan teknologi internet menjadi sebuah kebutuhan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membudayakan pembelajaran hybrid di sekolah dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru dalam memanfaatkan pembelajaran hybrid berbasis aplikasi google classroom. Metode pengabdian yang dilakukan adalah melalui participatory action research (PAR). Metode PAR ini lebih ditekankan pada aktifitas transformasi sosial melalui tindakan aksi dalam bentuk coaching edukatif pemanfaatan inovasi teknologi pembelajaran yang sedang berkembang. Adapun tahapan metode PAR yang digunakan adalah 1) pemetaan masalah, 2) penetapan solusi aksi, 3) pelaksanaan aksi, 4) refleksi kritis. Subyek kegiatan ini adalah guru yang tergabung dalam MGMP IPA Kabupaten Ponorogo berjumlah 24 orang. Hasil coaching edukatif menunjukkan bahwa 1) guru antusias untuk memanfaatkan aplikasi google classroom dalam pembelajaran, 2) terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan guru setelah memanfaatkan pembelajaran hybrid berbasis google classroom.
Downloads
References
Gardiner, M.O., Rahayu, S.I., Abdullah, M.A., Effendi, S., Darma, Y., Dartanto, T., Aruan, C.D., 2017. Era Disrupsi Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia. Jakarta: Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Hakim, A.B., 2016. Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT 2.
Iftakhar, S., 2016. Google Classroom: What Works and How? Journal of Education and Social Sciences 3, 12–18.
Martin, F., Parker, M.A., 2014. Use of synchronous hybrid classrooms: Why, who, and how. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching 10, 192–210.
Rochmah, E., Majid, N.W.A., 2018. Membangun Hybrid Classroom Melalui Social Learning Networks (SLNS). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 8, 15–21.
Schwab, K., 2017. The Fourth Industrial Revolution. Crown Business.
Thorne, K., 2003. Blended Learning: How to Integrate Online & Traditional Learning. Kogan Page Publishers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Edi Irawan, Wirawan Fadly

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.