Program Penerapan Pelaporan Indikator Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Daerah Tipe C Provinsi Sulawesi Selatan: Sebuah Pengabdian Masyarakat

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1170

Keywords:

pelaporan indikator mutu, keselamatan pasien, pelayanan kesehatan

Abstract

Pelaporan indikator mutu dan keselamatan pasien merupakan hal penting dalam Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien(PMKP) di Rumah Sakit (RS) sebab HAL TERSEBUT dapat digunakan oleh komite PMKP sebagai bahan koreksi untuk organisasi DALAM RANGKA memperbaiki sitem pelayanan. Program pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu menemukan masalah yang ada di RS dan mnyelesaikan masalah dengan mengaplikasikan metode problem solving dalam manajemen keperawatan, yaitu identifikasi masalah, menyusun rencana intervensi dan implementasi sesuai masalah yang ditemukan, dengan pendekatan partisipasi aktif dari kelompok yang dibina dalam hal ini adalah perawat di rumah sakit daerah tipe C, baik perawat manajer maupun perawat pelaksana, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi pada upaya PMKP. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini adalah teridentifikasinya masalah dalam pelaporan indikator mutu dan keselamatan pasien, yaitu belum adanya profil dan indikator mutu, belum maksimalnya pelaksanaan sosialisasi profil dan indikator mutu dan belum optimalnya pendampingan pengisian format indikator mutu. Untuk mengatasi masalah yang dihadapi, perlu dilakukan penyusunan indikator mutu, sosialisasi profil dan indikator mutu, serta melakukan pendampingan dalam pengisian format indikator mutu. Kesimpulan: profil dan indikator mutu sebagai pedoman pelaporan indikator mutu, sosialisasi memberikan pengaruh dalam peningkatan pengetahuan perawat khususnya dalam hal pelaporan indikator mutu, dan pendampingan dapat meningkatkan motivasi dan tingkat pengetahuan perawat dalam pelaporan indikator mutu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syahrul, Universitas Hasanuddin

Fakultas Keperawatan

Razak Abdullah, Universitas Hasanuddin

Program Studi Magister Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan

Abdul Majid, Universitas Hasanuddin

Program Studi Magister Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan

References

Departemen Kesehatan R.I. Panduan nasional keselamatan pasien rumah sakit (patient safety). 2006.

Harsul, W., Syahrul. S., Majid. A. (2018). Penerapan Budaya Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien di Sebuah RSU Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pandripta Abdi. Vol. 2(2). Hal:119-126. Retrived From: http://journal.unhas@ac.id/index.php/pandritaabdi

Komisi Akreditasi Rumah Sakit. (2017). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit. Edisi 1

McFadden, K., Stephanie C., Charles R..The patient safety chain: transformationalleadership’s effect on patient safety culture, initiatives, and outcomes. USA: Journal of operation management. Vol.27. 390-404. 2009

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional(Ed. 5). Jakarta: Salemba Medika.

RS Arifin Nu’mang. (2017). Profil rumah sakit Arifin Nu’mang Kabuaten Sidenreng Rappang tahun 2017. Rappang, Indonesia.

Published

2020-06-29

How to Cite

[1]
Syahrul, R. Abdullah, and A. Majid, “Program Penerapan Pelaporan Indikator Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Daerah Tipe C Provinsi Sulawesi Selatan: Sebuah Pengabdian Masyarakat”, j-dinamika, vol. 5, no. 1, pp. 124–130, Jun. 2020.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.