PERBAIKAN PROSES PEMBUATAN PETIS IKAN KELOMPOK NELAYAN PENGUSAHA PETIS IKAN DI PUGER - JEMBER

Siti Djamila, Iswahyono Iswahyono, Amal Bahariawan

Abstrak


Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk  membantu kelompok ibu-ibu nelayan dalam memproduksi petis ikan. Selama ini petis ikan dibuat dengan cara memanaskan bahan petis ikan dalam bentuk cair diatas wajan besar sambil dilakukan pengadukan secara berkala sampai mengental seperti petis. Proses ini sangat lama sekali selama kurang lebih 16 jam. Pekerjaan pemasakan selama 16 jam ini dirasakan sangat berat sekali terutama pada proses pengadukan. Pengadukan kurang sempurna akan mengakibatkan rasa pahit dan warna tidak cerah, dan daya simpan relatif lebih pendek. Proses pemasakan yang cukup lama akan membutuhkan bahan bakar yang sangat banyak, dan juga tenaga yang cukup besar sehingga biaya produksi akan semakin besar. Selain itu belum dilakukan pengemasan produk petis ikan yang menarik, untuk membantu meningkatkan pemasaran. Target yang ingin dicapai adalah pemasakan petis yang seefisien mungkin dan dihasilkan petis yang berkualitas, dan juga produk petis sudah dikemas dalam wadah plastik dengan label yang menarik. Metode yang digunakan untuk mencapai target tersebut maka perlu dirancang dan dibuat mesin pengaduk dengan sirip ganda yang ujung menggunakan bahan kayu. Dua unit Mesin Pengaduk Petis telah diuji coba dan diserahterimakan kepada  mitra pengusaha petis ikan.  

 

Keywords—  ikan laut, mesin pengaduk, petis

 


Referensi


Dennis R. Hildman and R. Paul Singh. 1980. Food Process Engineering. Second Edition. Avi Publishing Co. Inc., Westport. Connecticut.

Henderson. S.M and R.L Perry. 1955. Agriculrural Process Engineering. John Willey and Sons. New York.

Soewedo Hadiwiyoto. 1983. Hasil-hasil Olahan Susu, Ikan, Daging dan Telur. Liberty. Yogyakarta.

Sofjan Ilyas. 1972. Pengantar Pengolahan Ikan. Lembaga Penelitian Teknologi Hasil Ikan. Jakarta.

Suharto. 1991. Teknologi Pengawetan Pangan. Rineka Cipta. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.562

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.