Optimalisasi Branding dan Pemasaran Biskuit Tanin melalui E-Commerce
Optimalization Branding and Marketing of Tanin Biscuits with E-Commerce
Keywords:
Biskuit tanin, Website E-Commerce, Branding, PemasaranAbstract
Digital marketing saat ini menjadi salah satu strategi yang dapat digunakan dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Trend penjualan online dapat meningkatkan penjualan produk suatu usaha dengan jangkauan pemasaran yang lebih luas. Salah satu usaha UD Kharisma Tunggal yang berfokus pada penjualan produk pakan ternak juga membutuhkan teknologi ini untuk melakukan otimalisasi branding dan pemasaran terutama ketika UD Kharisma Tunggal mengeluarkan produk pakan ternak dengan teknologi pakan yang baru, tentu saja masyarakat membutuhkan informasi terkait produk tersebut. Tujuan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk mengimplementasikan website E-Commerce pada UD Kharisma Tunggal. Metode pelaksanaan terdiri dari: identifikasi permasalahan, pengembangan aplikasi, pengujian aplikasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil berupa website E-Commerce sebagai optimalisasi branding dan pemasaran biskuit tanin dapat digunakan oleh UD Kharisma Tunggal dalam menjalankan usaha pakan ternak sehingga jangkauan target pasar dapat lebih luas yang terdiri dari fitur: halaman beranda, tentang kami, produk, artikel, dan FAQ. Pelanggan akan terhubung ke whatsapp dan shopee untuk melakukan pembelian pakan ternak melalui halaman produk. Wesbite ini telah dilakukan pengujian fungsionalitas dengan hasil 100% dapat digunakan dengan baik.
Downloads
References
[1] T. V. C. Nascimento et al., ‘Effects of condensed tannin-amended cassava silage blend diets on feeding behavior, digestibility, nitrogen balance, milk yield and milk composition in dairy goats’, Animal, vol. 15, no. 1, Jan. 2021, doi: 10.1016/j.animal.2020.100015.
[2] S. Wulandari, N. Ningsih, A. P. Yulinarsari, N. Muhamad, S. B. Kusuma, and A. Bahariawan, ‘Production Performance and Rumen Fermentation of Male Ettawah Crossbred Silage Supplemented with Tannins’, Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, vol. 34, no. 2, pp. 230–237, Aug. 2024, doi: 10.21776/ub.jiip.2024.034.02.10.
[3] S. Santoso, I. A. Sitanggang, and G. Melisa, ‘Perancangan Perancangan Website E-Commerce Ineed.Id’, Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 1, pp. 19–23, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/informatika/article/view/1915
[4] B. P. H. Karimah, D. Priharsari, and Tibyani, ‘Analisis Penggunaan E-Commerce terhadap Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 3, pp. 1298–1305, 2022, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-tiik/article/view/10784
[5] S. Jain and P. Purandare, ‘Study of the Usability Testing of E-Commerce Applications’, in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Jul. 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1964/4/042059.
[6] D. Anggit Wicaksana, F. Wahyu Christanto, and A. Novita Putri, ‘Pelatihan dan Implementasi Shopee Partner dalam Optimalisasi Penjualan Kampung Jawi Semarang’, Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, vol. 2, no. 4, Oct. 2024, doi: https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i4.1104.
[7] I. R. Wahyiah et al., ‘Pendampingan kepada Masyarakat Desa Sukajadi Kecamatan Carita dalam Penjualan Kerupuk Ikan Pindang di Marketplace Shopee’, Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat, vol. 2, no. 2, 2024, doi: https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i2.2131.
[8] S. Sumartini Putri and R. Artikel, ‘Pemanfaatan Digital Marketing Shopee dan Shopee Live sebagai Optimalisasi Pemasaran Fashion Muslimah “Gamaleea” dalam Menaikkan Omset Penjualan UMKM’, Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah, vol. 1, no. 8, pp. 448–458, Oct. 2024, doi: https://doi.org/10.62335/3c7c8961.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Wulandari, Bety Etikasari, Nur Muhamad, Niati Ningsih, Alditya Putri, Adib Norma Respati, Amal Bahariawan, Satria Budi Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.