Optimalisasi Branding dan Pemasaran Biskuit Tanin melalui E-Commerce

Optimalization Branding and Marketing of Tanin Biscuits with E-Commerce

Authors

  • Bety Etikasari Politeknik Negeri Jember
  • Suci Wulandari Politeknik Negeri Jember
  • Nur Muhamad Politeknik Negeri Jember
  • Niati Ningsih Politeknik Negeri Jember
  • Alditya Putri Yulinarsari Politeknik Negeri Jember
  • Adib Norma Respati Politeknik Negeri Jember
  • Satria Budi Kusuma Politeknik Negeri Jember
  • Amal Bahariawan Politeknik Negeri Jember

Keywords:

Biskuit tanin, Website E-Commerce, Branding, Pemasaran

Abstract

Digital marketing saat ini menjadi salah satu strategi yang dapat digunakan dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Trend penjualan online dapat meningkatkan penjualan produk suatu usaha dengan jangkauan pemasaran yang lebih luas. Salah satu usaha UD Kharisma Tunggal yang berfokus pada penjualan produk pakan ternak juga membutuhkan teknologi ini untuk melakukan otimalisasi branding dan pemasaran terutama ketika UD Kharisma Tunggal mengeluarkan produk pakan ternak dengan teknologi pakan yang baru, tentu saja masyarakat membutuhkan informasi terkait produk tersebut. Tujuan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk mengimplementasikan website E-Commerce pada UD Kharisma Tunggal. Metode pelaksanaan terdiri dari: identifikasi permasalahan, pengembangan aplikasi, pengujian aplikasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil berupa website E-Commerce sebagai optimalisasi branding dan pemasaran biskuit tanin dapat digunakan oleh UD Kharisma Tunggal dalam menjalankan usaha pakan ternak sehingga jangkauan target pasar dapat lebih luas yang terdiri dari fitur: halaman beranda, tentang kami, produk, artikel, dan FAQ. Pelanggan akan terhubung ke whatsapp dan shopee untuk melakukan pembelian pakan ternak melalui halaman produk. Wesbite ini telah dilakukan pengujian fungsionalitas dengan hasil 100% dapat digunakan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] T. V. C. Nascimento et al., ‘Effects of condensed tannin-amended cassava silage blend diets on feeding behavior, digestibility, nitrogen balance, milk yield and milk composition in dairy goats’, Animal, vol. 15, no. 1, Jan. 2021, doi: 10.1016/j.animal.2020.100015.

[2] S. Wulandari, N. Ningsih, A. P. Yulinarsari, N. Muhamad, S. B. Kusuma, and A. Bahariawan, ‘Production Performance and Rumen Fermentation of Male Ettawah Crossbred Silage Supplemented with Tannins’, Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, vol. 34, no. 2, pp. 230–237, Aug. 2024, doi: 10.21776/ub.jiip.2024.034.02.10.

[3] S. Santoso, I. A. Sitanggang, and G. Melisa, ‘Perancangan Perancangan Website E-Commerce Ineed.Id’, Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 1, pp. 19–23, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/informatika/article/view/1915

[4] B. P. H. Karimah, D. Priharsari, and Tibyani, ‘Analisis Penggunaan E-Commerce terhadap Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)’, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 3, pp. 1298–1305, 2022, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-tiik/article/view/10784

[5] S. Jain and P. Purandare, ‘Study of the Usability Testing of E-Commerce Applications’, in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Jul. 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1964/4/042059.

[6] D. Anggit Wicaksana, F. Wahyu Christanto, and A. Novita Putri, ‘Pelatihan dan Implementasi Shopee Partner dalam Optimalisasi Penjualan Kampung Jawi Semarang’, Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, vol. 2, no. 4, Oct. 2024, doi: https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i4.1104.

[7] I. R. Wahyiah et al., ‘Pendampingan kepada Masyarakat Desa Sukajadi Kecamatan Carita dalam Penjualan Kerupuk Ikan Pindang di Marketplace Shopee’, Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat, vol. 2, no. 2, 2024, doi: https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i2.2131.

[8] S. Sumartini Putri and R. Artikel, ‘Pemanfaatan Digital Marketing Shopee dan Shopee Live sebagai Optimalisasi Pemasaran Fashion Muslimah “Gamaleea” dalam Menaikkan Omset Penjualan UMKM’, Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah, vol. 1, no. 8, pp. 448–458, Oct. 2024, doi: https://doi.org/10.62335/3c7c8961.

Published

2025-04-22

How to Cite

[1]
B. Etikasari, “Optimalisasi Branding dan Pemasaran Biskuit Tanin melalui E-Commerce: Optimalization Branding and Marketing of Tanin Biscuits with E-Commerce”, j-dinamika, vol. 10, no. 1, pp. 111–116, Apr. 2025.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.