line
Author Guidelines
Jurnal Pengembangan Potensi Laboratorium merupakan jurnal peer review yang terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Menerbitkan artikel dari hasil penelitian, survei, evaluasi, dan pengkajian ilmiah dalam bidang pengelolaan laboratorium (PLP).
Berikut prasyarat yang harus dipenuhi sebelum artikel diserahkan kepada editorial:
- Artikel yang akan diserahkan belum pernah dipublikasikan di jurnal yang lainnya.
- Artikel yang akan diserahkan harus sesuai dengan fokus dan ruang lingkup jurnal, baca Fokus & Ruang lingkup
- Pastikan penulis telah memahami tentang etika publikasi, hak cipta dan lisensi jurnal, biaya publikasi, pemeriksaan plagiarisme, dll
- Pastikan semua penulis telah menyetujui isi artikel yang akan diserahkan.
Persiapan Naskah
File Naskah
Artikel yang diserahkan berupa file yang dapat di edit dengan aplikasi pengolah kata seperti Ms. Word (.docx / .rtf), pengiriman dalam bentuk PDF atau yang lain yang tidak dapat di edit dengan aplikasi pengolah kata akan kami ditolak.
Template Jurnal
Jurnal Pengembangan Potensi Laboratorium telah menyediakan template jurnal dan panduan menggunakan template dibawah ini. Adapun template telah tersedia gaya / desain penulisan, kami merekomendasikan menggunakan versi Microsoft Word 2010 keatas guna memastikan bahwa desain / gaya penulisan bekerja dengan baik
Download TemplateBahasa Naskah
Jurnal Pengembangan Potensi Laboratorium menerima artikel dengan berbahasa Indonesia, pastikan penggunaan kata, frasa, kalimat telah sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)
Struktur Naskah
Berdasarkan template jurnal, struktur naskah harus berurutan dan berisi sesuai dengan ketentuan berikut:
Judul
Judul harus singkat, jelas, dan menjelaskan isi makalah penelitian secara informatif, maksimum 20 Kata. Hindari penulisan singkatan dan istilah yang tidak standar dalam judul.
Nama Penulis
Nama masing-masing penulis ditulis lengkap (tidak disertai gelar akademik), alamat institusi tempat penelitian dilakukan ditulis dengan nama jurusan/divisi diikuti nama universitas/institusi. Jika ada lebih dari satu afiliasi, maka gunakan penomoran sebagai superskrip. Gunakan (tanda bintang) untuk penulis sebagai penulis korespondensi.
Abstrak
Abstrak berisi secara singkat latar belakang penelitian, tujuan penelitian, metode, hasil penelitian yang signifikan, dan kesimpulan. Hindari penggunaan singkatan, diagram, dan referensi. maksimal 250 kata
Kata Kunci
Kata kunci dapat diambil dari judul, mengandung 3-5 kata kunci yang dapat berupa kata/frasa apa saja. Kata kunci diurutkan berdasarkan abjad dan dipisahkan dengan titik koma (;).
1. Pendahuluan
Pendahuluan berisi tentang latar belakang atau pokok bahasan dan tujuan penelitian yang didukung dengan hasil penelitian terbaru sebagai acuan. Referensi primer seperti jurnal, prosiding, tesis, atau disertasi lebih diutamakan, ditulis tidak lebih dari 1000 kata.
2. Metodologi
Berisi penjelasan tentang metode penelitian yang digunakan, ditulis secara singkat (tidak lebih dari 600 kata) tetapi cukup rinci untuk memungkinkan metode tersebut diulang atau digunakan oleh peneliti lain. Prosedur penelitian ditulis secara rinci dengan mengacu pada prosedur asli atau modifikasi yang diterbitkan. Spesifikasi peralatan/bahan yang digunakan ditulis secara lengkap. Penggunaan satuan ukuran mengikuti penulisan sistem internasional.
3. Pembahasan
Mendeskripsikan hasil penelitian dan interpretasi hasil dalam kaitannya dengan referensi yang ada. Referensi yang digunakan adalah referensi primer dengan prioritas lebih dari 80%. Hasil penelitian dapat disajikan dalam bentuk teks, gambar, atau tabel aktif yang dapat diedit oleh editor (bukan hasil screenshot). Penomoran gambar dan tabel disesuaikan dengan urutan kutipan dalam teks.
4. Kesimpulan
Merupakan jawaban atas tujuan penelitian dan ringkasan hasil penelitian. Kesimpulan disajikan secara singkat dan jelas (dengan data pendukung) berdasarkan hasil dan pembahasan
5. Ucapan Terimakasih (Optional)
Ucapan terima kasih dari penulis kepada berbagai pihak yang membantu penulisan, misalnya penyandang dana, sponsor penelitian dan narasumber. Ucapan terima kasih bersifat optional, dapat dituliskan ataupun tidak
6. Daftar Pustaka
Diutamakan menggunakan sumber referensi baru minimal 5 tahun terakhir, dan 80% berasal dari referensi primer. Referensi ditulis dalam urutan abjad, mengikuti format gaya APA (American Psychological Association). Disarankan menggunakan aplikasi reference manager seperti mendeley dan menambahkan link DOI atau link pdf. Panduan lengkap penulisan referensi APA Style
Tahapan Publikasi
1. Tahap Penyerahan Naskah
Penulis dapat mengirimkan naskah secara online ketika sudah memiliki akun di website ini, pada tahap awal ini pemberitahuan kiriman akan langsung diterima oleh dewan redaksi, oleh karena itu pastikan:
- Naskah yang akan dikirim sesuai dengan ketentuan jurnal ini.
- Lengkapi metadata pengiriman pada formulir yang disediakan di website.
- Jika ada masalah selama proses pengiriman, silakan hubungi petugas bantuan kami. Kontak Jurnal
2. Tahap Pra-Review
Pada tahap kedua ini, naskah yang diserahkan oleh penulis akan diproses oleh editor, adapun ketentuan pra-review sebagai berikut:
- Editor yang memproses naskah dipilih oleh pimpinan redaksi berdasarkan kesesuaian bidang keilmuan dengan naskah yang sedang diproses.
- Waktu yang dibutuhkan untuk pemrosesan minimal 2 minggu setelah naskah diterima oleh dewan redaksi
- Beberapa hal yang direview oleh editor pada tahap ini adalah:
- Apakah naskah sesuai dengan fokus dan ruang lingkup jurnal ini? Jika tidak, naskah akan langsung ditolak.
- Apakah naskah sudah sesuai dengan template jurnal ini? Jika tidak, naskah akan dikembalikan untuk direvisi oleh penulis.
- Apakah naskah telah lolos pemeriksaan plagiarisme sesuai dengan ketentuan dalam jurnal ini? Jika tidak, naskah akan dikembalikan untuk direvisi oleh penulis.
- Batas waktu revisi pada tahap ini maksimal 2 minggu, dan akan ditolak jika melebihi batas waktu.
- Editor akan melanjutkan ke tahap selanjutnya jika kriteria di atas telah terpenuhi.
3. Tashap Peer-Review
Kualitas publikasi ditentukan pada tahap ini, editor akan mengirimkan permintaan kepada reviewer untuk mereview naskah, adapun ketentuan sebagai berikut:
- Reviewer dipilih oleh editor berdasarkan kesesuaian bidang keilmuan, minimal 2 reviewer.
- Reviewer diberikan tenggat waktu 2 minggu untuk menanggapi permintaan editor dan 4 minggu untuk menyelesaikan review naskah.
- Editor bersama dengan reviewer akan mereview naskah menggunakan metode single blind review.
- Beberapa yang direview oleh peer-group (editor dan reviewer) pada tahap ini disajikan secara lengkap dalam kebijakan review.
- Setelah proses peer-review selesai, editor akan membuat keputusan atas naskah berdasarkan rekomendasi dari reviewer
- Jika diperlukan revisi minor: Naskah akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi dengan batas waktu 2 minggu, kemudian editor akan melanjutkan ke tahap berikutnya setelah naskah direvisi.
- Jika diperlukan revisi major: Naskah akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi dengan batas waktu 2 minggu, kemudian peer-group (editor dan reviewer) akan mereview ulang naskah yang sudah direvisi penulis pada putaran kedua (kembali ke poin 3.b).
- Editor akan mengambil keputusan menerima naskah (Accepted) untuk dipublikasikan pada edisi berikutnya jika kriteria di atas telah terpenuhi, Pemberitahuan bahwa artikel diterima dan dapat diterbitkan dikirimkan bersama dengan tagihan biaya penulis.
- Setelah biaya dibayar, editor akan melanjutkan ke tahap berikutnya.
4. Tahap Pengeditan
Sebagian besar pekerjaan pada tahap ini dilakukan oleh editor. Pada umumnya pada tahap ini penulis tinggal menunggu jadwal penerbitan artikel, komunikasi antara penulis dan editor jika diperlukan. Pekerjaan ini akan memakan waktu setidaknya 2 minggu
- Copyediting
Copy editor akan memeriksa setiap naskah dan mengeditnya jika perlu, setiap perubahan yang dilakukan oleh editor pada naskah akan diberitahukan kepada penulis untuk menyetujui perubahan tersebut. Pemeriksaan yang akan dilakukan adalah:
- Kata-kata yang digunakan, kalimat dan tata bahasa naskah
- Kesalahan pengetikan, dan memastikan semua informasi yang terdapat dalam gambar, tabel, dan grafik jelas
- Gaya (style) daftar pustaka, dan memastikan semua DOI atau URL yang tercantum pada referensi dapat dicari secara online
- Pemeriksaan plagiarisme (final check), perhatikan kebijakan plagiarisme
- Editing Layout
Editor layout akan mengkonversi naskah menjadi file format PDF sesuai dengan template layout jurnal ini, menambahkan penomoran halaman, DOI, Hak Cipta, informasi lisensi, dll
- Penjadwalan Publikasi
Sebagai seorang penulis harus bijak dan mampu menghitung waktu yang dibutuhkan untuk mempublikasikan karyanya di jurnal ini, naskah yang telah melewati tahap publikasi akan segera dijadwalkan untuk diterbitkan, sebagai gambaran bagaimana editor menjadwalkan publikasi sebagai berikut:
- Setiap issue diterbitkan pada minggu terakhir dari bulan yang dijadwalkan (Februari dan Agustus) dan berisi 10 artikel.
- Artikel akan diterbitkan pada edisi saat ini jika telah melewati semua tahapan publikasi 1 minggu sebelum jadwal terbitan.
- Apabila jadwal publikasi edisi saat ini dan 10 artikel telah terisi, maka artikel yang telah lolos tahap publikasi akan dijadwalkan untuk jadwal publikasi edisi berikutnya.
5. Tahap Indeksasi
Jurnal Pengembangan Potensi Laboratorium adalah jurnal dengan kebijakan akses terbuka (open access), semua artikel yang diterbitkan dapat dibaca dan diunduh secara gratis untuk umum, oleh karena itu untuk meningkatkan penyebaran dan visibilitas publikasi setelah artikel diterbitkan maka metadata artikel akan terindeks secara otomatis pada mesin indeks sebagai berikut: indexer list. Berdasarkan kebijakan hak cipta dan lisensi, penulis dapat mendistribusikan kembali publikasi di repositori institusi / media sosial / situs web pribadi / mesin pengindeks lainnya dengan ketentuan mencantumkan Jurnal Pengembangan Potensi Laboratorium sebagai publikasi pertama.