Penerapan Strategi Komunikasi Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i1.2787Keywords:
Humas, Pelayanan, komunikasiAbstract
Sebagai perusahaan yang menyediakan jasa, PT Kereta Api Indonesia (Persero) membutuhkan Humas yang memiliki strategi khusus untuk membangun citra perusahaan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Jumlah pandemi yang terus meningkat mengharuskan semua aktivitas dilakukan di rumah sejauh mungkin. Tak terkecuali aktivitas kehumasan yang dilakukan Manager Public Information Care atau unit PPID Pusat PT KAI. Untuk itu, pemanfaatan kemajuan teknologi dan strategi komunikasi yang tepat sangat diperlukan agar PPID tetap menjalankan fungsinya di masa pandemi ini. Apalagi dengan menerapkan strategi komunikasi berbasis digital. Dimana penggunaan platform digital seperti jejaring sosial dan aplikasi merupakan solusi layanan yang praktis. alam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PPID PT KAI Unit Pusat mengikuti perkembangan zaman dengan cara melakukan kegiatan kehumasan melalui platform digital, khususnya disebarluaskan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan TikTok. cepat dan mudah. Model pelayanan inilah yang diinginkan masyarakat di tengah pandemi saat ini. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya feedback positif yang diterima PPID dari langkah strategis media digital yang telah diambil.
Downloads
References
Asri, RH, “Strategi komunikasi humas polda d. i. yogyakarta melalui skill digital savvy di era disruptif”, EXPOSE – Jurnal Ilmu Komunikasi. vol. 1, no. 2, pp. 95-113, 2018.
(2021) Badan Pusat Statistik website. [Online] Tersedia : https://www.bps.go.id/indicator/17/72/1/jumlah-penumpang-kereta-api.html
PPID PT KAI. Profil e-PPID PT KERETA API INDONESIA (Persero). [Online] Tersedia : https://ppid.kai.id/profil-ppid
(2020) PPID PT KAI. Laporan Survey Kepuasan Layanan Informasi Publik. [Online] Tersedia : https://ppid.kai.id/?_it8tnz=T1RBeE1EQXdNREF3&_8dnts=Y0dGblpWOWpiMjUwWlc1MA==&_8zph8=YkdGNVlXNWhibDlwYm1admNtMWhjMms9&_8ith=TVRVPQ==
Puspa, Ratih, “Pengertian-pengertian dasar hubungan masyarakat”, 2014 dilihat 26 Juli 2021, < http://repository.ut.ac.id/4411/1/SKOM4103-M1.pdf >
Wulandari, Yuliana, “Strategi komunikasi bisnis di era digital”, Tugas Akhir, 2019 dilihat 3 Agustus 2021 < http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310864/pendidikan/TUGAS%20AKHIR_STRATEGI%20KOMUNIKASI%20BISNIS%20DI%20ERA%20DIGITAL.pdf >
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Niken Dwi Wulandari, I Wayan Suriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.