Bisnis Online UMKM melalui Aplikasi E-Commerce untuk Pemasaran di Tengah Pandemik

Online Business UMKM with E-Commerce for Marketing during a Pandemic

Authors

  • Alena Uperiati Politeknik Negeri Batam
  • Eka Suswaini Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Tekad Matulatan Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Dwi Amalia Purnamasari Politeknik Negeri Batam
  • Nurfalinda Nurfalinda Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i3.3405

Keywords:

UMKM, Bisnis Online, E-Commerce

Abstract

Dalam situasi pandemic covid 19 seperti sekarang ini kami berfikir, bagaimana meningkatkan kesejahteraan UMKM pada bisnis Donat Mini (Domi) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Maka kami membuatkan aplikasi E-Commerce dimana pemasaran akan dilakukan secara online. Dengan adanya sistem aplikasi E-Commerce ini nantinya akan memudahkan UMKM Domi dan masyarakat untuk tetap bisa melakukan transaksi jual-beli tanpa harus bertatap muka dan berkerumun antri di toko. Dengan begitu protokol kesehatan dapat dijaga untuk menjaga jarak dan kebutuhan konsumen terpenuhi. Aplikasi E-Commerce ini memiliki berbagai fitur fungsi utama antara lain adalah memberikan layanan teknis, informasi, dan promosi tentang jenis usaha yang diperjualkan kepada masyarakat. Aplikasi E-Commerce ini juga menjadi jembatan bagi masyarakat sebagai pemanfaatan teknologi dalam memenuhi kebutuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Kala’lembang, “Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Vol 4, No 1, 2020, doi: http://doi.org/10.25273/capital.v4i1.7358.

K. H. Leung, C. K. M. Lee, dan K. L. Choy, “An integrated online pick-to-sort order batching approach for managing frequent arrivals of B2B e-commerce orders under both fixed and variable time-window batching”, Advanced Engineering Informatics, Volume 45, August 2020, 101125, doi: https://doi.org/10.1016/j.aei.2020.101125.

R. S. Sisfor, O. A. C. Dewi, dan R. Noviasri, “Perancangan dan Implementasi Sistem E-commerce pada UMKM Batik di Kabupaten Jombang”, Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, No. 1, 2019, doi: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2061.

O. Veza, “Perancangan E-commerce Untuk Memperluas Produk Komunikasi di PT. Golden Communication Berbasis Web Mobile”, Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), Vol. 4, No. 1, 2019 [Online], doi: https://doi.org/10.31227/osf.io/xp56u.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta”, ILKOM Jurnal Ilmiah, Vol. 10, No. 2, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i2.310.182-189.

Published

2022-12-30

How to Cite

[1]
A. Uperiati, E. Suswaini, T. Matulatan, D. Amalia Purnamasari, and N. Nurfalinda, “Bisnis Online UMKM melalui Aplikasi E-Commerce untuk Pemasaran di Tengah Pandemik: Online Business UMKM with E-Commerce for Marketing during a Pandemic”, j-dinamika, vol. 7, no. 3, pp. 351–356, Dec. 2022.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.