Optimalisasi Dukungan Orang Tua dalam Meningkatkan Keterampilan Penyesuaian Akademik Siswa dengan Status Sosio-Ekonomi Menengah Bawah

Authors

  • Fitriani Yustikasari Lubis Universitas Padjadjaran
  • Shafia Islaha Universitas Padjadjaran
  • Witriani Universitas Padjadjaran
  • Kayisa Zariayufa Universitas Padjadjaran
  • Dinda Oktavia Pradina
  • Kay Banyu Bening Universitas Padjadjaran

Keywords:

dukungan orang tua, penyesuaian akademik, status sosio-ekonomi menengah bawah

Abstract

Kondisi sosio-ekonomi orang tua cukup mempengaruhi kemampuan siswa untuk dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan akademik yang ada. Selain itu, kondisi ekonomi yang terbatas dapat berdampak pada kurang optimalnya fungsi keluarga, dikarenakan keluarga akan lebih berfokus untuk melakukan aktivitas ekonomi agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Untuk dapat membantu orang tua dalam mendampingi dan mendukung akademik anak, diadakan workshop agar orang tua dapat mengoptimalkan dukungan orang tua dalam meningkatkan penyesuaian akademik siswa. Sebanyak 25 orang tua siswa SMP 4 Jatinangor mengikuti kegiatan ini. Peserta merupakan perwakilan orang tua siswa kelas 7 SMP. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman pada beberapa orang tua mengenai peran dukungan orang tua terhadap siswa penyesuaian akademik. Orang tua juga memberikan respon yang baik dan puas terhadap materi dan kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Sopiah, “BPS: Garis Kemiskinan 2022 Tertinggi dalam 9 Tahun Terakhir,” CNBC Indonesia, 17 Januari. 2023. [Online]/ Dapat diakses:https://www.cnbcindonesia.com/news/20230117155630-4-406179/bps-garis-kemiskinan-2022-tertinggi-dalam-9-tahun-terakhir. [Diakses pada 4 Februari 2023].

N. S. Fury. Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 21-39, 2017

O. Hamalik, Psikologi Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Grasindo , 2022.

S.F. Lidya dan N. Darmayanti. Self-Efficacy Akademik Dan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X Sma Patra Nusa. Jurnal Diversita, 43-55, 2015.

E. C. M. van Rooij, E. P. W. A. Jansen, and W. J. C. M. van de Grift, “First-year university students’ academic success: the importance of academic adjustment,” European Journal of Psychology of Education, vol. 33, no. 4, pp. 749–767, Nov. 2017, doi: https://doi.org/10.1007/s10212-017-0347-8.

B. Rienties, S. Beausaert, T. Grohnert, S. Niemantsverdriet, and P. Kommers, “Understanding academic performance of international students: the role of ethnicity, academic and social integration,” Higher Education, vol. 63, no. 6, pp. 685–700, Jul. 2011, doi: https://doi.org/10.1007/s10734-011-9468-1

J. E. Aspelmeier, M. M. Love, L. A. McGill, A. N. Elliott, and T. W. Pierce, “Self-Esteem, Locus of Control, College Adjustment, and GPA Among First- and Continuing-Generation Students: A Moderator Model of Generational Status,” Research in Higher Education, vol. 53, no. 7, pp. 755–781, Jan. 2012, doi: https://doi.org/10.1007/s11162-011-9252-1.

E. Oluyemisi-Adeniji & S. Mabekoje. Family Functioning and Adolescents’ Academic Engagement in Secondary Schools in Ogun State, Nigeria. International Journal of Behavioral Sciences, 13(2), 46-53, 2019.

T.J. Burke, C. Segrin & K. Farris. Young adult and parent perceptions of facilitation: Associations with overparenting, family functioning, and student adjustment. Journal Of Family Communication, 1-16, 2018.

W. Saprudin, & U. Widiati. Analisis Korelasi Kondisi Sosial Ekonomi Orangtua Dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Ips. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1388—1392, 2017.

M. Benito-Gomez M, G.Y. Lee, A.L., McCurdy & A.C. Fletcher. “If I Hadn’t Had that Support System, I Think I Would Have Dropped Out by Now”: Parental support in college and its implications for student adjustment. Journal of Family Issues, 43(12), 3373-3394, 2021, doi: https://doi.org/10.1177/0192513x211044490

C. Serna & I. Martinez. Parental involvement as a protective factor in school adjustment among retained and promoted secondary students. Sustainability, 11(24), 7080, 2019, doi: https://doi.org/10.3390/su11247080

D.A. Weiser & H.R. Riggio. Family background and academic achievement: Does self-efficacy mediate outcomes?. Social Psychology of Education, 13, 367-383, 2010, doi: https://doi.org/10.1007/s11218-010-9115-1

Published

2024-04-23

How to Cite

[1]
F. Y. Lubis, S. Islaha, Witriani, K. . Zariayufa, D. O. . Pradina, and K. B. . Bening, “Optimalisasi Dukungan Orang Tua dalam Meningkatkan Keterampilan Penyesuaian Akademik Siswa dengan Status Sosio-Ekonomi Menengah Bawah”, j-dinamika, vol. 9, no. 1, pp. 58–64, Apr. 2024.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.