Sosialisasi Platform Instagram Sehingga Dapat Membranding Program Kerja Gotong Royong Desa Dauh Puri Kaja

Socialization of the Instagram Platform so that it can brand the Mutual Cooperation Work Program in Dauh Puri Kaja Village

Authors

  • I Kadek Wiswa Ananda Surya Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Suparna Universitas Pendidikan Nasional Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i2.4710

Keywords:

Instagram, Gotong Royong

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode 15 Januari 2024 hingga 1 Maret 2024 di Desa Dauh Puri Kaja menyoroti sosialisasi penggunaan platform Instagram sebagai alat membranding Program Kerja Gotong Royong. Dalam melaksanakan program ini, mahasiswa KKN bekerja sama dengan pemerintah desa dan masyarakat setempat untuk merencanakan, mengorganisir, dan melaksanakan berbagai kegiatan gotong royong. Penggunaan Instagram dianggap sebagai sarana efektif untuk membranding program tersebut, dengan harapan pesan-pesan terkait gotong royong dan kegiatan yang dilakukan dapat tersebar luas kepada masyarakat, termasuk generasi muda yang aktif menggunakan media sosial. Dalam pelaksanaannya, metode kegiatan didasarkan pada pendekatan partisipatif dan kolaboratif antara mahasiswa KKN, pemerintah desa, dan masyarakat setempat, dengan fokus pada rapat koordinasi, pendataan dan analisis masalah, pembagian tugas, pelaksanaan kegiatan, serta monitoring dan evaluasi. Melalui pelaporan hasil kegiatan, didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan Instagram secara efektif dapat meningkatkan kesadaran, interaksi, dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan gotong royong, dengan potensi untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan melalui rencana keberlanjutan yang melibatkan pelatihan, kemitraan, pengembangan program komunikasi, serta pemantauan dan evaluasi rutin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Cantika, N. & R. (2022). The Effectiveness of Instagram as a Media Information for Promotion Panorama Pabangbon Leuwiliang Bogor, West Java. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pemngembangan Masyarakat, 06(02), 219–232.

. Jones, S.M., Moore, D.A., &Gardner, P. H. (2019). The Influence of Social Media Images on Attitudes and Behaviour Concerning Altruistic Action. In Journal of Consumer Behaviour (Vol. 18).

. Krisyudho, D. C. et al. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram untuk Membagun Minat Kerjasama Mahasiswa dalam Penyuluhan Pendidikan Kesehatan di Desa Tanjung Salatiga. Jurnal Atma Inovasia, 3(2), 123–126. https://doi.org/10.24002/jai.v3i2.5269

. RISDIYANTO, D. A. (2018). Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Objek Wisata Telaga Madirda. Indonesian Journal of Economics, 48(2), 123–154. https://www.academia.edu/38922036/The_Integration_of_Technology_into_English_Language_Teaching_The_Underlying_Significance_of_LMS_in_ESL_Teaching_despite_the_Ebb_and_Flow_of_Implementation?email_work_card=view-paper%250Ahttps://doi.org/10.1155/2016/315980

. Smith, A., &Wilson, S. (2020). Social Media Use and Collective Action: Exploring the Impact of Facebook and Instagram on Participation in the March of Our Lives. In Information, Communication & Society (Vol. 23).

. Tila Mahendra, I. (2017). Peran media sosial instagram dalam meningkatkan minat gotong royong terhadap remaja SMA 1 Bekasi.

. Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26–39. https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.138

Published

2024-08-12

How to Cite

[1]
I. K. . Wiswa Ananda Surya and P. Suparna, “Sosialisasi Platform Instagram Sehingga Dapat Membranding Program Kerja Gotong Royong Desa Dauh Puri Kaja: Socialization of the Instagram Platform so that it can brand the Mutual Cooperation Work Program in Dauh Puri Kaja Village”, j-dinamika, vol. 9, no. 2, pp. 328–333, Aug. 2024.

Issue

Section

Article

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.