Sosialisasi Platform Instagram Sehingga Dapat Membranding Program Kerja Gotong Royong Desa Dauh Puri Kaja
Socialization of the Instagram Platform so that it can brand the Mutual Cooperation Work Program in Dauh Puri Kaja Village
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i2.4710Keywords:
Instagram, Gotong RoyongAbstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode 15 Januari 2024 hingga 1 Maret 2024 di Desa Dauh Puri Kaja menyoroti sosialisasi penggunaan platform Instagram sebagai alat membranding Program Kerja Gotong Royong. Dalam melaksanakan program ini, mahasiswa KKN bekerja sama dengan pemerintah desa dan masyarakat setempat untuk merencanakan, mengorganisir, dan melaksanakan berbagai kegiatan gotong royong. Penggunaan Instagram dianggap sebagai sarana efektif untuk membranding program tersebut, dengan harapan pesan-pesan terkait gotong royong dan kegiatan yang dilakukan dapat tersebar luas kepada masyarakat, termasuk generasi muda yang aktif menggunakan media sosial. Dalam pelaksanaannya, metode kegiatan didasarkan pada pendekatan partisipatif dan kolaboratif antara mahasiswa KKN, pemerintah desa, dan masyarakat setempat, dengan fokus pada rapat koordinasi, pendataan dan analisis masalah, pembagian tugas, pelaksanaan kegiatan, serta monitoring dan evaluasi. Melalui pelaporan hasil kegiatan, didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan Instagram secara efektif dapat meningkatkan kesadaran, interaksi, dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan gotong royong, dengan potensi untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan melalui rencana keberlanjutan yang melibatkan pelatihan, kemitraan, pengembangan program komunikasi, serta pemantauan dan evaluasi rutin.
Downloads
References
. Cantika, N. & R. (2022). The Effectiveness of Instagram as a Media Information for Promotion Panorama Pabangbon Leuwiliang Bogor, West Java. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pemngembangan Masyarakat, 06(02), 219–232.
. Jones, S.M., Moore, D.A., &Gardner, P. H. (2019). The Influence of Social Media Images on Attitudes and Behaviour Concerning Altruistic Action. In Journal of Consumer Behaviour (Vol. 18).
. Krisyudho, D. C. et al. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram untuk Membagun Minat Kerjasama Mahasiswa dalam Penyuluhan Pendidikan Kesehatan di Desa Tanjung Salatiga. Jurnal Atma Inovasia, 3(2), 123–126. https://doi.org/10.24002/jai.v3i2.5269
. RISDIYANTO, D. A. (2018). Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Objek Wisata Telaga Madirda. Indonesian Journal of Economics, 48(2), 123–154. https://www.academia.edu/38922036/The_Integration_of_Technology_into_English_Language_Teaching_The_Underlying_Significance_of_LMS_in_ESL_Teaching_despite_the_Ebb_and_Flow_of_Implementation?email_work_card=view-paper%250Ahttps://doi.org/10.1155/2016/315980
. Smith, A., &Wilson, S. (2020). Social Media Use and Collective Action: Exploring the Impact of Facebook and Instagram on Participation in the March of Our Lives. In Information, Communication & Society (Vol. 23).
. Tila Mahendra, I. (2017). Peran media sosial instagram dalam meningkatkan minat gotong royong terhadap remaja SMA 1 Bekasi.
. Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26–39. https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.138
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Kadek Wiswa Ananda Surya, Putu Suparna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.