Optimalisasi Promosi Wana Wisata Kampoeng Ciherang melalui Pemanfaatan Platform Media Sosial dan Spanduk Informasi
The Optimization of Promotion for Wana Wisata Kampoeng Ciherang through the Utilization of Social Media Platforms and Informational Banners
Keywords:
promotion, Wana Wisata Kampoeng Ciherang, social media, informational bannersAbstract
Wana Wisata Kampoeng Ciherang, yang terletak di Desa Cijambu, Sumedang, memiliki potensi wisata alam yang menarik, namun kunjungan wisatawan masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan promosi Wana Wisata Kampoeng Ciherang melalui pemanfaatan media sosial dan pemasangan spanduk informasi. Metode yang digunakan adalah pemberdayaan partisipatif, yang meliputi observasi, wawancara, penyuluhan, pembuatan konten digital, serta pemasangan spanduk informasi (baliho). Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi melalui media sosial seperti Instagram dan TikTok, dengan konten menarik yang menampilkan keindahan alam dan fasilitas, berhasil menarik perhatian audiens dan meningkatkan visibilitas destinasi. Selain itu, pemasangan baliho yang lebih informatif di titik strategis juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan Wana Wisata Kampoeng Ciherang. Evaluasi terhadap interaksi media sosial dan respons masyarakat menunjukkan peningkatan jumlah pengunjung setelah promosi dilakukan. Kesimpulannya, kombinasi antara promosi digital dan pemasaran tradisional melalui baliho dapat memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan jumlah pengunjung dan pengembangan ekonomi lokal.
Downloads
References
[1] M. Sutiyadi and I. S. Djunaid, "Pengaruh Daya Tarik Objek Wisata terhadap Minat Berkunjung di Gunung Geulis Camp Area Bogor," Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, vol. 06, no. 03, pp. 1214-1228, 2024.
[2] M. Aliani and S. Dewi, "Analisis Strategi Promosi dan Pelayanan Wisata Guna Meningkatkan Jumlah Pengunjung Dipantai Muaro Sasak dalam Perspektif Etika Bisnis Islam," JEBI: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 03, no. 03, pp. 636-649, Maret 2025.
[3] R. M. Ritonga and C. C. Halim, "Strategi Pengembangan KampungWisataTematikDanau Kalpataru sebagai Wisata Urban NatureBerbasis Partisipasi Masyarakat di Banjar Wijaya, Tangerang," JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), vol. 08, no. 02, pp. 2006-2013, Februari 2025.
[4] N. F. A. Muhtadi, "Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Memanfaatkan Potensi Lokal(Studi Kasus Pokdarwis Situ Pengasinan Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok)," Jurnal At-Taghyir, vol. 04, no. 01, pp. 93-116, 2021.
[5] S. Romdona, S. S. Junista and A. Gunawan, "Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara, dan Kuesioner," JISO SEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, vol. 03, no. 01, pp. 39-47, 2025.
[6] M. Rosaliza, "Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif," Jurnal Ilmu Budaya, vol. 11, no. 02, pp. 71-79, Februari 2015.
[7] N. I. Sari, S. Engkeng and A. Rahman, "Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik Tentang Bahaya Minuman Keras di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Kalasey Kabupaten Minahasa," KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, vol. 10, no. 05, pp. 46-53, 2021.
[8] Vianika and R. Santhi, "Pelatihan Pembuatan Konten Promosi Menggunakan Komunikasi Kreatid di Media Sosial Instagram," Jurnal PKM Nusantara, vol. 02, no. 01, pp. 187-201, 2025.
[9] Kurniawan, Ramdhan, F. Iriani, A. Parantika and O. B. Putra, "Pengaruh Brand Awareness dan Product Excellence, Marketing Digital Terhadap Minat Berkunjung pada Pengunjung Desa Wisata Waerebo," INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 04, no. 01, pp. 7316-7328, 2024.
[10] A. Juwita and Y. Luqman, "EventSukaria Race 2024 untuk Meningkatkan Brand AwarenessBersukaria Tour Organizer di Kota Semarang sebagai Media Planner, Social Media Specialist, dan Finance Manager," Interaksi Online, vol. 13, no. 02, pp. 81-97, 2025.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Endah Djuwendah, Tuti Karyani, Elly Rasmikayati, O Hasbiansyah, Ulya Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.