Pelatihan Fotografi dan Videografi Untuk Bisnis Online Secara Profesional
Photography and Videography Training for Online Business Professionally
Keywords:
Photography, Videography, businessAbstract
Perkembangan teknologi dan media sosial menjadi sarana untuk bisa menjalankan bisnis online semakin mudah. Di Indonesia sendiri, menurut data dari Badan Pusat Statitsik (BPS) menyebutkan ada sekitar 2,8 juta pengusaha bisnis online pada tahun 2021, sedangkan pada tahun 2020 berjumlah 2,3 juta pengusaha bisnis online. Hal yang paling menunjang dalam bisnis online adalah gambar dan video produk yang diperjualbelikan. Melalui gambar dan video akan menjelaskan informasi dari produk yang diperjualbelikan dalam bisnis online. Kegiatan pengabdian akan memberikan pelatihan fotografi dan videografi untuk bisnis online secara profesional bagi masyarakat dan pelaku UMKM yang ada di Desa Jatisobo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Desa ini sebagai desa percontohan dalam bidang inklusif, dan desa ramah disabilitas. Melalui metode participatory research action (PAR). Pertama, pemaparan materi dari narasumber mengenai pengetahuan dasar soal fotografi dan videografi. Kedua, mengenalkan aplikasi yang bisa digunakan untuk editing gambar dan video agar bisa memaksimalkan hasil gambar dan video. Ketiga melalui praktik dalam proses pengambilan gambar dan video dengan mengoptimalkan alat yang dimiliki, seperti HP dan kamera.
Downloads
References
[1] L. F. Fauzi, S., & Lina, “Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce,” J. Muhammadiyah Manaj. Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 21–26, 2021.
[2] Y. Solihin, S. R., & Fiandra, “Perancangan Handbook Fotografi Produk Menggunakan Smartphone Untuk Pemilik Bisnis Online Di Kabupaten Bandung,” Kreat. J. Karya Tulis, Rupa, Eksp. Dan Inov., vol. 3, no. 2, pp. 17–26, 2021.
[3] M. A. Rizaty, “semakin-banyak-pelaku-usaha-daring-di-indonesia-pada-2022,” 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/semakin-banyak-pelaku-usaha-daring-di-indonesia-pada-2022
[4] L. Sari, W. P., & Irena, “Komunikasi Visual Di Era Digital Melalui Pelatihan Fotografi,” J. Bakti Masy. Indones., vol. 3, no. 2, pp. 422–430, 2021.
[5] A. JSP, “Pengertian Dan Teknik Videografi,” 2022.
[6] T. P. BPS, “Statistik Ecommerce 2022,” Jakarta, 2022.
[7] S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2019.
[8] L. Neuwman, Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Indeks, 2013.
[9] AdminLP2M, “Berikut 6 Manfaat Pengabdian Masyarakat bagi Dosen,” 2021.
[10] A. Afandi, “Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tranformatif,” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020.
[11] A. Rahmat and M. Mirnawati, “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat,” J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 06, no. 01, pp. 62–71, 2020.
[12] E. C. Wahyudi, “Pengambilan Gambar Dalam Pembuatan Video Company Profile Di Cv. Wangsa Evo Abadi (Bakso Abah Killer),” Progr. Stud. DIV Komput. Multimedia, Fak. Teknol. dan Inform. STIKOM Surabaya, p. 44, 2018, [Online]. Available: http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3846/1/15510160005-2018-STIKOM-SURABAYA.pdf
[13] O. : Christian, P. Sitorus, and B. Rohanasimbolon, “Penerapan Angle Camera Dalam Videografi Jurnalistik Sebagai Penyampai Berita Di Metro Tv Biro Medan,” J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 4, no. 2, pp. 137–150, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mei Candra Mahardika, Imam Mujahid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.