Pelatihan Google My Business untuk Peningkatan Penjualan Pada Food And Beverage
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i1.4303Keywords:
Literasi Digital, Pelaku Usaha, Google My Business, Pemasaran, PenjualanAbstract
Kurangnya keterampilan dan pengetahuan dalam literasi digital sebagai upaya menambah sarana pemasaran tidak dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan. Tujuan kegiatan memberikan keterampilan dalam mengelola usaha dengan sinkronisasi kedalam teknologi informasi salah satunya memanfaatkan google my business sehingga perlu pendampingan kepada pelaku usaha dalam mengelola fasilitas yang dimiliki oleh google. Metode yang digunakan yaitu pendampingan kepada pelaku usaha dengan kegiatan workshop dalam memanfaatkan google my business sebagai upaya peningkatan penjualan. Hasil yang dicapai pelaku usaha dapat mengikuti langkah kerja dengan mengisi dan mengelola google my business berdasarkan akun pribadi sebagai upaya menambah sarana pemasaran dan meningkatkan penjualan.
Downloads
References
M. Hananto, VR, I.G.N Alit Widana Putra, Erstiawan, “Implementasi Web Portal Komunitas Gereja Menggunakan Metode Crowdsourcing Pada Gereja Santo Paulus Juanda,” Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 70–77, 2020, doi: https://doi.org/10.37802/society.v1i1.98.
M. Erstiawan and A. Y. Alifianto, “Pemanfaatan Google Spreadsheet penjualan pada Warung Majapahit di Mojokerto,” Majalah Ekonomi, vol. 2, no. 2, pp. 50–57, 2021.
Rudi Santoso, Achmad Yanu Alif Fianto, and Martinus Sony Erstiawan, “Digital Marketing Dan Brand Image Terhadap Intensi Pembelian Produk Susu Murni,” Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, vol. 8, no. 1, pp. 1–14, 2023.
M. Candraningrat, Januar Wibowo ; Erstiawan, “Efektivitas Strategi Pemasaran Dan Manajemen Keuangan Pada UMKM Roti,” DIKEMAS, vol. 5, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.32486/jd.v5i1.574
Soebijono, T, Erstiawan, MS, “Audit Sistem Informasi menggunakan framework cobit pada sekolah tinggi ‘X’ Surabaya,” Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, vol. 10, no. 1, pp. 71–81, 2022.
W. W. Ary, “Pendampingan Business Model Canvas dan Google My Business Kepada Malijo Coffee Shop,” Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 97–105, Mar. 2022, doi: 10.24036/abdi.v4i1.187.
Jeannita Ariyel Maula, “Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing Melalui Google Business Pada UMKM Kelurahan Kertajaya,” ABDIMAS PATIKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 442–447, Sep. 2022.
Rina Mudjiyanti, Naelati Tubastuvi, Rezky Pramurindra, Sulistyani Budiningsih, and M. P. Aji, “Pengembangan Potensi Usaha Masyarakat Untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Melalui Transformasi Digital di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas,” JOURNAL OF ECONOMIC AND SOCIAL EMPOWERMENT, vol. 1, no. 02, pp. 69–74, Dec. 2021, doi: 10.22219/joesment.v1i02.19374.
Tsalis Kurniawan Husain, Alam Budiman Thamsi, and Farizah Dhaifina Amran, “Implementasi Google My Business sebagai Media Digital Marketing,” Jurnal Pengabdian Masyarakat : ABDIRA, vol. 2, no. 1, pp. 88–94, 2022.
Ainun Nimatu Rohmah and Hera Hera, “Pemanfaatan Google My Business Sebagai Media Digital Marketing Pada Bukuan Fried Chicken,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, vol. 1, no. 3, pp. 37–42, Aug. 2022.
B. Setiawan, “Edukasi e-Commerce Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Palembang,” Jurnal Abdimas Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 106–110, Dec. 2018, doi: 10.36982/jam.v2i2.531.
A. A. I. I. Paramitha, Gede Surya Mahendra, and I Made Artana, “Sosialisasi dan Pelatihan Internet Marketing Bagi UMKM Sokasi di Desa Tigawasa,” Jurnal Karya Abadi, vol. 4, no. 2, pp. 276–283, Aug. 2020.
Hamdan Miftahuzzamal and Bagus Ali Akbar, “Pengarahan Teknologi Digital Marketing Guna Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Desa Cibeusi,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara : JPkMN, vol. 3, no. 2, pp. 861–866, Dec. 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Martinus Erstiawan, Tony Soebijono, Setya Putri Erdiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.