Penerapan E-Commerce pada Kelompok Tani Rukun Makmur di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v6i2.2811Keywords:
e-commerce, pemasaran, kebersihanAbstract
Pengabdian masyarakat ini telah dilaksankan pada Kelompok Tani Rukun Makmur. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk serta meningkatkan fasilitas kebersihan. Masalah yang dihadapi oleh Kelompok Tani Rukun Makmur ini adalah pemasaran masih dilakukan dengan tradisonal sehingga jangkauan pemasaran rendah dan belum adanya tempat cuci tangan untuk para pekerja. Terdapat dua solusi yang akan diberikan kepada Kelompok Tani Rukun Makmur yaitu dengan membuatkan media pemasaran secara online yang bertujuan untuk memperluas jangkauan promosi. Tahapan selanjutnya adalah memberikan pelatihan terkait pengelolaan media tersebut. Solusi berikutnya adalah memberikan fasilitas untuk mencuci tangan sehingga dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Adapun target dari kegiatan pengabdian ini adalah kelompok Tani Rukun Makmur dapat meningkatkan daya saing terutama di bidang pemasaran sehingga dapat meningkatkan pula kesejahteraan kelompok. Adapaun luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah satu blog pemasaran dan media pemasaran, satu artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal J-Dinamika, artikel yang dipublikasikan di media massa online, video kegiatan, dan juga peningkatan keberdayaan Kelompok Tani Rukun Makmur sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
Downloads
References
P. K. Kannan and L. Hongshuang, “Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda,” Int. J. Res. Mark., vol. 34, no. 1, pp. 22–45, 2016.
Zahrotunnimah, “Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia,” J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 3, pp. 247–260, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Oryza Ardhiarisca, Rahma Rina Wijayanti, Sumadi, Rediyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.