Penerapan E-Commerce pada Kelompok Tani Rukun Makmur di Masa Pandemi

Authors

  • Oryza Ardhiarisca Politeknik Negeri Jember
  • Rahma Rina Wijayanti Politeknik Negeri Jember
  • Sumadi Politeknik Negeri Jember
  • Rediyanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v6i2.2811

Keywords:

e-commerce, pemasaran, kebersihan

Abstract

Pengabdian masyarakat ini telah dilaksankan pada Kelompok Tani Rukun Makmur. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk serta meningkatkan fasilitas kebersihan. Masalah yang dihadapi oleh Kelompok Tani Rukun Makmur ini adalah pemasaran masih dilakukan dengan tradisonal sehingga jangkauan pemasaran rendah dan belum adanya tempat cuci tangan untuk para pekerja. Terdapat dua solusi yang akan diberikan kepada Kelompok Tani Rukun Makmur yaitu dengan membuatkan media pemasaran secara online yang bertujuan untuk memperluas jangkauan promosi.  Tahapan selanjutnya adalah memberikan pelatihan terkait pengelolaan media tersebut. Solusi berikutnya adalah memberikan fasilitas untuk mencuci tangan sehingga dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Adapun target dari kegiatan pengabdian ini adalah kelompok Tani Rukun Makmur dapat meningkatkan daya saing terutama di bidang pemasaran sehingga dapat meningkatkan pula kesejahteraan kelompok. Adapaun luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah satu blog pemasaran dan media pemasaran, satu artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal J-Dinamika, artikel yang dipublikasikan di media massa online, video kegiatan, dan juga peningkatan keberdayaan Kelompok Tani Rukun Makmur sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. K. Kannan and L. Hongshuang, “Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda,” Int. J. Res. Mark., vol. 34, no. 1, pp. 22–45, 2016.

Zahrotunnimah, “Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia,” J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 3, pp. 247–260, 2020.

Published

2021-12-31

How to Cite

[1]
O. . Ardhiarisca, R. R. . Wijayanti, Sumadi, and Rediyanto, “Penerapan E-Commerce pada Kelompok Tani Rukun Makmur di Masa Pandemi”, j-dinamika, vol. 6, no. 2, pp. 345–349, Dec. 2021.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)