Digitalisasi Umkm Produk Olahan Susu Kedai Susu Cowboy Di Desa Banyuanyar, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali

Authors

  • Anafil Windriya Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro
  • Stacia Reviany Mege Vocational College, Diponegoro University
  • Sri Utami Handayani Vocational College, Diponegoro University

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v9i1.4326

Keywords:

Digital Marketing , Inovation, Technology, Digital Marketing, Inovation, Technology

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang berkontribusi besar dalam rangka pertumbuhan ekonomi. Salah satu UMKM yang ada di Desa Banyuanyar, Boyolali, yakni UMKM Kedai Susu Cowboy memiliki lini produk olahan susu, kopi dan juga jahe. Salah satu UMKM yang ada di Desa Banyuanyar, Boyolali, yakni UMKM Kedai Susu Cowboy memiliki lini produk olahan susu, kopi dan juga jahe. Produk yang dihasilkan cukup bervariasi namun masih terdapat sejumlah kekurangan dan kendala dalam produksi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat lewat Program PIM Kemdikbud Ristek ini bertujuan untuk meningkatkan performa bisnis UMKM omah cowboy khususnya dalam bidang produksi produk, peningkatan ekonomi UMKM desa Banyuanyar serta pemasaran digital sebagai wadah untuk mendukung pendidikan vokasional. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman terhadap pengolahan dan inovasi produk olahan UMKM  serta peningkatan keterampilan pemasaran digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmaludin, Cepi Cahyadi, dan Suhardoyo. “Pelatihan Pembuatan Design Digital Marketing bagi UMKM untuk Meningkatkan Wawasan dan Pendapatan Masyarakat Desa Cikarageman, Setu, Bekasi”. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNMA Vol 6 No 2 2540-8747. Mei 2021 DOI: https://doi.org/10.30653/002.202162.797

Alinsari, Natasia. Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana”. Magistrorum Et Scholaroi,: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1. No. 2. Januari 2021. Doi https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p256-268

Puspitasari, Novianti., Anindita Septiarini., M. Rizky Nilzamyahya., Fayza Virdana Addiza., Fathia Nuq Qamarina., Indah Wulan Lestari., Patricia Chandra., dan Sugandi Sugandi. “Pelatihan Aplikasi E-Commerce kepada Pelaku Umkm sebagai Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kota Samarinda di Kecamatan Sungai Kunjang.” Jurnal Pengabdian Siliwangi Vol 8 No 1. 2022.

Nur, Endah Fitriyani. 2022. “Pelatihan Kewirausahaan dan Penggunaan E-Commerce Bagi Wirausaha Pemula Keripik Tempe Uti.” E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1. 2(1), 891-898. Januari 2022. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1157

Prasetyawati, Meri., Wiwik Sudarwati., Jaharuddin, Nelfiyanti, Andry Setiawan., dan Arman Saputra. 2022. “Pelatihan Pembuatan Desain Kemasan untuk Meningkatkan Pemasaran Pada UMKM Olahan Makanan di Kelurahan Kelapa Dua Wetan.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. 2714-6286. 2022.

Utama, Prima Wadoyo Putro., dan Liliek Nur Sulistiyowati. 2019. Pelatihan Smart Packaging Pada Usaha Mikro Emping Jagung di Kabupaten Magetan. Jurnal Berdaya Mandiri 1(2):193-201. Maret 2020. DOI:10.31316/jbm.v1i2.433

Published

2024-04-29

How to Cite

[1]
A. Windriya, S. R. . Mege, and Sri Utami Handayani, “Digitalisasi Umkm Produk Olahan Susu Kedai Susu Cowboy Di Desa Banyuanyar, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali ”, j-dinamika, vol. 9, no. 1, pp. 133–139, Apr. 2024.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.