Pemberdayaan Wirausahaan Batik Disabilitas Melalui Digital Marketing di Kabupaten Jember

Empowerment of Disabled Batik Entrepreneurs through Digital Marketing in Jember Regency

Authors

  • Dewi Kurniawati
  • Oktanita Politeknik Negeri Jember
  • Cahyaning Nur Karimah Politeknik Negeri Jember
  • Fredy Eka Ardhi Pratama Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i3.3540

Keywords:

inovasi, cap batik, digital marketing

Abstract

Batik Jember salah satu produk khas kabupaten Jember yang memiliki ciri khas dengan motif tembakau dan warna yang cerah. Perkembangan batik Jember belum banyak dikenal masyarakat luas. Hasil penelitian wirausaha batik Jember menunjukkan faktor penghambat pengembangan usaha batik Jember adalah produktivitas yang rendah, keterbatasan modal, keterbatasan alat produksi serta keterbatasan pemasaran. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu bu Sri sebagai Batik Sekar Arum yang beralamatkan di Dusun Tombo Waluh Desa Kencong Jember. Batik sekar arum berdiri Tahun 2019 dengan pendirinya bernama Bu Sri berusia 52 tahun. Kondisi fisik bu sri mengalami cacat kaki dan tidak mengurangi semangat bu sri untuk melestarikan budaya batik khas Jember. Kondisi usaha batik sekar arum yang awal beranggota 6 tenaga kerja, namun setelah adanya pandemic covid tenaga kerja tersisa hanya 4 tenaga kerja. Beberapa permasalahan dan solusi yang akan di diberikan sebagai berikut ini: (1) Permasalahan dalam bidang produksi keterbatasan alat cap batik yang dimiliki. Peningkatkan produksi mitra dengan merancang dan membuat alat canting cap berbahan kayu dan kardus bekas dengan motif tembakau dan buah naga. (2 Permasalahan dalam bidang pemasaran belum menggunakan digital marketing. dalam pemasaran batik sekar arum perancangan, pelatihan dan pendampingan digital marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Kurniawati and O. J. Anggraeni, Pengembangan Wirausaha Muda Batik Tulis di Kecamatan Patrang dan Ambulu Kabupaten Jember, Semin. Nas. Has. Pengabdi. Masy. Tahun 2017 Politek. NEGERI JEMBER, vol. 1, no. 1, pp. 119–122, 2017, [Online]. Available: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/a rticle/view/695

D. Kurniawati and O. J. Anggraeni, Pemberdayaan Wanita Melalui Pengelolaan Usaha Batik di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember,‖ Semin. Nas. Has. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. 2018 Politek. NEGERI JEMBER, vol. 1, no. 1, pp. 53–55, 2018, [Online].Available: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/a rticle/view/1185

O. J. Anggraeni, D. Kurniawati, and L. Mastuti, MEMBANGUN WIRAUSAHA BATIK TULIS BERBASIS GENDER PADA PENGURUS PKK DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER,‖ Pros. Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy. dan Penelit. Pranata Lab. Pendidik Politek. Negeri Jember Tahun 2019, vol. 1, no. 1, pp. 176–178, 2019, [Online].Available: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/a rticle/view/1721

Aliffia Agustina Nugraha, Eka Novita Sari, Navissya Dzuchroidah, and Afiyah Nur K, PERAN DIGITAL MARKETING BAGI WIRAUSAHA PEMULA DI DESA SAMBONG DUKUH KABUPATEN JOMBANG, Stud. Kasus Inov. Ekon., vol. 5, no. 02 SE-Articles, Sep. 2021, [Online]. Available: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/skie/article/ view/17447

J. J. Spillane, Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=BzM0EAAA QBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Published

2022-12-30

How to Cite

[1]
D. Kurniawati, Oktanita, C. Nur Karimah, and F. Eka Ardhi Pratama, “Pemberdayaan Wirausahaan Batik Disabilitas Melalui Digital Marketing di Kabupaten Jember: Empowerment of Disabled Batik Entrepreneurs through Digital Marketing in Jember Regency”, j-dinamika, vol. 7, no. 3, pp. 379–385, Dec. 2022.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)