Pendampingan Pemasaran Digital Dalam Upaya Mengembangkan Desa Wisata Benteng
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i3.3922Keywords:
pendampingan, pemasaran digital, desa wisataAbstract
Desa Wisata Benteng yang berlokasi di Kabupaten Bogor memiliki potensi untuk lebih berkembang. Dan seiring dengan bertumbuhnya desa wisata lain di Kabupaten Bogor, para pengelola harus memiliki literasi dan media pemasaran digital yang memadai agar mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Namun para pengelola dan masyarakat di Desa Wisata Benteng masih memiliki keterbatasan literasi dan media pemasaran digital. Berangkat dari kondisi tersebut, tim pengabdian masyarakat Universitas Nusa Bangsa mengadakan pendampingan bagi pengelola Desa Wisata Benteng dengan tiga kegiatan yaitu sosialisasi sadar wisata dan pelatihan pemasaran digital, pembuatan banner, video promosi, dan website resmi desa wisata. Hasil pengabdian ini para pengelola memiliki literasi dan media pemasaran digital yang memadai sehingga dapat memasarkan destinasi dan produk unggulan desa wisata dengan jangkauan yang lebih luas dan lebih memudah memperbaharui informasi tentang desa wisata yang dapat diakses oleh masyarakat, sehingga diharapkan akan meningkatkan jumlah wisatawan dan ekonomi masyarakat Desa Wisata Benteng.
Downloads
References
___________________ “Desa wisata jadi trend alternatif wisata Kabupaten Bogor.” https://bogorkab.go.id/post/detail/desa-wisata-jadi-trend-alternatif-wisata-kabupaten-bogor (diakses pada hari Selasa tanggal 28 Februari 2023 jam 21.30 WIB)
A. A. Wiguna, C. M. A. W. P. R. Perlambang, & L. C. Wiyono. “Penerapan digital pemasaran pada UMKM agroindustri tempe di Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember.” J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol.8 , no. 1, pp. 2023. DOI: 10.25047/j-dinamika.v8i1.3390
A.W.H. Fasa, M. Berliandaldo, & A. Prasetio. “Strategi pengembangan desa wisata berkelanjutan di Indonesia: Pendekatan analisis PESTEL”. Kajian, vol. 27, no.1, pp.71 – 87, 2022.
I. Masitah. “Pengembangan desa wisata oleh Pemerintah Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran”. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, vol. 6, no. 3, pp. 45-56, 2019.
S. Menggo, Y.R. Su, & R.A. Taopan. “Pelatihan pembuatan website desa wisata di Desa Wisata Meler, Kabupaten Manggarai, NTT.” DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 1, pp. 108-115, 2022. DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.7551.
D. Yanti. “Pengaruh digital marketing terhadap peningkatan kunjungan wisata di Danau Toba.” Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya, vol. 11, no. 1, pp. 16-26, 2020. DOI: 10.31294/khi.v11i1.7607
___________________ APJII: Pengguna internet Indonesia 215,63 juta pada 2022-2023. https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023 (diakses pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2023 jam 10.15 WIB)
J.P. Ayu. (2021). “Pengaruh pemasaran digital dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung pada wisata bahari di Kepulauan Seribu.” Jurnal Ilmiah Pariwisata, vol. 26, no. 3, pp. 223-232, 2021. DOI: https://doi.org/10.30647/jip.v26i3.1478
I.A.K. Dewi, P.G.A. Yudhistira, & N.K.W. Agustina. “Impact of digital content marketing on tourist visit interest to Melasti Beach: The Mediating role of social word of mouth.” Journal of Theoretical and Applied Management, vol. 15, no. 2, pp. 286-299, 2022. DOI: https://doi.org/10.20473/jmtt.v15i2.35708.
I.W.A. Pratama & I. Ramadhan. “Studi netnografi: Dimensi kepuasan wisatawan nusantara terhadap homestay di Ubud.” Jurnal Ilmiah Hospitality Management, vol. 13, no.1, pp. 26-33, 2022 DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v13i1.216
R. Herningtyas, & A. M. Wirasenjaya, A. M. “Pengembangan digital marketing desa wisata di dusun Lopati Kelurahan Trimurti Kabupaten Bantul Yogyakarta.” Seminar Nasional Abdimas II 2019 Sinergi dan Strategi Akademisi, Business dan Government (ABG) dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat yang berkemajuan di era industri 4.0, pp. 926-933, 2019.
_________________ “Keputusan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Nomor KM.5/UM.209/MPPT-89 tentang Pedoman Penyelenggaraan Sapta Pesona.”, 2019.
_________________ “Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.04/UM.001/MKP/2008 tentang Sadar Wisata.”, 2008.
E. Arifin, I. P. Sudana, & P. A. W. Sagita, “Pengaruh promosi instagram terhadap keputusan berkunjung wisatawan millenial domestik ke Curug Ciherang Bogor.” Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), vol. 10, no.1, pp. 22-31, 2022.
H. Setyowardhani, H. Susanti, & Riyanto. “Optimalisasi media sosial sebagai alat promosi untuk desa wisata Lebakmuncang.” DINAMISIA - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, Special Issue, pp. 19-26, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Isbandriyati Mutmainah, Iis Anisa Yulia, Dwi Agus Sasongko, Anna Fitriani, Lalu Solihin, Agus Pranamulia, Ahmad Zaid Mahfudi, Ichwan Rachmanu Widjaja

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.


