Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Website dalam Aktifitas Kajian Harian bagi Remaja Masjid

Authors

  • Tri Sagirani Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya https://orcid.org/0000-0002-6153-5477
  • Puspita Kartikasari Universitas Diponegoro
  • Rahayu Arya Shintawati Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1404

Keywords:

aplikasi website, learning community, remaja masjid, kajian harian

Abstract

Remaja masjid adalah perkumpulan pemuda masjid yang melakukan aktivitas sosial dan ibadah di lingkungan suatu masjid. Remaja masjid juga memiliki tujuan dalam mendukung pembentukan kepribadian dan karakter seorang remaja, salah satunya melalui pembentukan budi pekerti, akhlak mulia, kejujuran, rasa bertanggung jawab dan menghormati orang lain. Remaja masjid mutlak keberadaannya dalam menjamin estafet makmurnya suatu masjid sehingga fungsi dinamika masjid itu sendiri dapat di pertahankan kelangengannya. Pengurus remaja masjid merasa kajian yang dilakukan selama ini masih sangat kurang dari sisi jumlah pertemuan. Pengurus berusaha untuk tetap mengikat ilmu yang dimiliki oleh anggota dalam kesehariannya, maka pengurus Remaja Masjid menginginkan pertemuan rutin yang dapat dilakukan dalam tiap harinya. Dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi harapannya keinginan ini dapat terwujud. Tujuan dari pelaksanakaan kegiatan ini adalah membangun suatu aplikasi berbasis website yang mampu melakukan distribusi materi kajian harian dan mampu melakukan pengukuran terhadap pemahaman materi yang telah dicapai oleh anggota remaja masjid. Target yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan proses pembelajaran ilmu Agama bagi anggota remaja masjid dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Terdapat enam tahapan untuk mencapai tujuan yaitu (1) observasi, pengamatan terhadap kebutuhan anggota remaja masjid, (2) penyusunan rencana pembelajaran, (3) penyusunan modul pembelajaran online, (4) penyusunan aplikasi berbasis website, (5) memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada pengurus dan anggota remaja masjid, (6) Evaluasi pelaksanaan. Hasil identifikasi pada 135 remaja diperoleh hasil 59,3 % remaja menggunakan aplikasi berbasis website untuk mengenal lebih dalam Ilmu Agama, dan 73,3% remaja menyatakan membutuhkan aplikasi berbasis website yang dapat mereka gunakan untuk kajian harian dalam mempelajari ilmu Agama secara khusus. Keberhasilan program learning community dengan memanfaatkan aplikasi berbasis website ini dapat diduplikasi untuk komunitas serupa di seluruh wilayah Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, D., 2015. Masjid dan Perubahan Sosial (Kajian tentang aktivitas Masjid Baitur Rahman terhadap perubahan sosial masyarakat perumahan polri gowok, sleman, yogyakata). Fak. Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Jalijaga, Yogjakarya,

Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kemendiknas

Kusumawardhani, N., 2008. Masjid sebagai Pusat Pembinaan Akhlak Remaja. Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Jalijaga, Yogjakarya

Siswanto, 2005, Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid, Jakarta: Pustaka Al Kautsa

Published

2020-06-29

How to Cite

[1]
T. Sagirani, P. Kartikasari, and . R. A. Shintawati, “Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Website dalam Aktifitas Kajian Harian bagi Remaja Masjid”, j-dinamika, vol. 5, no. 1, pp. 131–137, Jun. 2020.

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.