Penerapan Aplikasi Kasir Portabel pada Kedai Sari Kopi Banjarbaru
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v6i1.1439Keywords:
kasir, kedai sari kopi, point of sales, portabelAbstract
Kasir adalah tempat melakukan transaksi atau pembayaran yang menjadi akhir dari sebuah transaksi jual beli antara konsumen dan produsen sehingga menghasilkan kepuasan pada masing-masing pihak. PenerapanPoint of Sales pada aplikasi kasir portabel ini sebagai orientasi sistem penjualan yang akan membantu proses transaksi penjualan dan stok barang. Kedai Sari Kopi memiliki menu minuman dan makanan dimana minuman utama yang disuguhkan adalah kopi, kendala yang dihadapi antara kasir dan karyawan dapur adalah jarak yang cukup jauh mengakibatkan terkendala untuk proses pemesanan secara cepat antara kasir dan karyawan dapur berdasarkan permasalahan diusulkanlah pengabdian masyarakat berupa pelatihan aplikasi (software) kasir portabel untuk membantu peningkatan pelayanan kedai sari kopi dan terpadunya laporan administrasi untuk pelaporan rugi laba sebagai bahan evaluasi untuk kedai sari kopi Banjarbaru
Downloads
References
Hengky W. Pramana, (2012). Aplikasi Inventory Berbasis Access 2003.PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Indah, I. N. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Sehat Jaya Elektronik Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 12(1).
Kubo, J., Shuttleworth, M., Tokumura, N., & Lee, S. (1999). U.S. Patent No. 5,889,676. Washington, DC: U.S. Patent and Trademark Office.
Kuncoro, D. W. (2013). Analisis Dan Perancangan Sistem Kasir Dan Pendataan Stok Barang Pada Tata Distro Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 12(1).
Kamus besar Bahasa Indonesia ( www.kamusbesar.com), Selasa 7 Mei 2019 .1:36
McLeod, R., & Schell, G. (2004). Sistem informasi manajemen. Indeks.
Rokhman,A.,(2012). Apa itu software POS. [Online] Available at: http://abdulatifrokhman.com/2012/05/apa-itu-software-pos/Stenley,I. (2009). Analisis kepuasan dan loyalitas konsumen coffeeshop warung kopi serta implikasinya terhadap strategi pemasaran.
Stenley, I. (2009). Analisis kepuasan dan loyalitas konsumen coffeeshop warung kopi serta implikasinya terhadap strategi pemasaran.
Sutabri, T. (2012). Analisis sistem informasi. Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fathul Hafidh, Rezky Izzatul Y.A, nur Arminarahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.