Pengaruh Pemberian Media Video Animasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pada Remaja Status Gizi Lebih Di SMAN 1 Pasirian Lumajang

Authors

  • Lutfiyah Siti Azizah Politeknik Negeri Jember
  • M Rizal Permadi Politeknik Negeri Jember
  • Yoswenita Susindra Politeknik Negeri Jember
  • Galih Purnasari Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/harena.v2i1.2851

Abstract

Gizi lebih atau obesitas merupakan salah satu masalah gizi yang ditandai dengan berat badan berlebihan akibat penimbunan lemak pada tubuh. Remaja dengan status gizi lebih ditentukan oleh nilai Z-Score  > 1 SD sampai > 2 SD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian media video animasi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pada remaja status gizi lebih di SMAN  1 Pasirian. Desain penelitian yaitu quasi experiment dengan rancangan one group pretest postest design. Populasi penelitian adalah siswa status gizi lebih SMA kelas X dan XI dengan jumlah  subjek 73 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis statistik menggunakan SPSS 16.0 for Windows dengan uji Nonparametrik Wilcoxon Signed Test. Hasil penelitian mengunakan media video animasi rerata pengetahuan sebelum intervensi (74,11), sesudah intervensi (91,64) (p=0,000). Sedangkan, rerata sikap sebelum intervensi (63,48), sesudah intervensi (68,96) (p=0,000). Kesimpulan yaitu terdapat pengaruh pemberian video animasi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pada remaja status gizi lebih.

 

Published

2022-08-10

How to Cite

Azizah, L. S., Permadi, M. R., Susindra, Y., & Purnasari, G. (2022). Pengaruh Pemberian Media Video Animasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pada Remaja Status Gizi Lebih Di SMAN 1 Pasirian Lumajang. HARENA : Jurnal Gizi, 2(1), 7–13. https://doi.org/10.25047/harena.v2i1.2851

Most read articles by the same author(s)