Pengaruh Pemberian Media Video Animasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pada Remaja Status Gizi Lebih Di SMAN 1 Pasirian Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.25047/harena.v2i1.2851Abstract
Gizi lebih atau obesitas merupakan salah satu masalah gizi yang ditandai dengan berat badan berlebihan akibat penimbunan lemak pada tubuh. Remaja dengan status gizi lebih ditentukan oleh nilai Z-Score > 1 SD sampai > 2 SD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian media video animasi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pada remaja status gizi lebih di SMAN 1 Pasirian. Desain penelitian yaitu quasi experiment dengan rancangan one group pretest postest design. Populasi penelitian adalah siswa status gizi lebih SMA kelas X dan XI dengan jumlah subjek 73 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis statistik menggunakan SPSS 16.0 for Windows dengan uji Nonparametrik Wilcoxon Signed Test. Hasil penelitian mengunakan media video animasi rerata pengetahuan sebelum intervensi (74,11), sesudah intervensi (91,64) (p=0,000). Sedangkan, rerata sikap sebelum intervensi (63,48), sesudah intervensi (68,96) (p=0,000). Kesimpulan yaitu terdapat pengaruh pemberian video animasi terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pada remaja status gizi lebih.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lutfiyah Siti Azizah, M Rizal Permadi, Yoswenita Susindra, Galih Purnasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.