Implementasi Pembiayaan Syariah Dalam Penguatan Produksi dan Digitalisasi Marketing Kopi Pada Kelompok Masyarakat Pekebun Kopi Desa Hutan

Implementasi Pembiayaan Syariah Dalam Penguatan Produksi dan Digitalisasi Marketing Kopi Pada Kelompok Masyarakat Pekebun Kopi Desa Hutan

Authors

  • Ahmad Ahsin Kusuma Mawardi Universitas Jember
  • Moch Shulthoni Universitas Jember
  • Whedy Prasetyo Universitas Jember
  • Ahmad Roziq Universitas Jember
  • Sri Sundari

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i2.4067

Keywords:

Kelembagaan Ekonomi Syariah, Pembiayaan Syariah, Kelompok Masyarakat Pekebun Kopi Desa Hutan, Digitalisasi Marketing

Abstract

Masyarakat Pekebun Kopi Desa Hutan dalam menjalankan usahanya terkendala aspek pembiayaan produksi kebun kopi, terjerat hutang koperasi simpan pinjam maupun rentenir dengan beban bunga 3% sampai 5% per bulan, sebagian terjerat tengkulak melalui pembelian sistem ijon dengan harga 50% lebih rendah dari harga pasar saat panen raya kopi. Permasalahan mitra 1). Masyarakat kesulitan mendapatkan pembiayaan produksi kebun kopi tanpa bunga riba; 2).  Bunga riba membebani ekonomi  pekebun kopi; 3).  Penjualan sistem ijon mengurangi penghasilan pekebun kopi; 4). Hasil Produksi Green coffee bean tidak memenuhi standar; 5). Bahan baku kopi cerry merah tidak diproses melalui mesin pulper dan huller sesuai standar SNI; 6). Lemahnya aspek teknis dan operasional produksi produk turunan kopi; 7). Tidak terdapat digitalisasi  marketing pada aspek pasar dan pemasaran pada sisi targeting, segmenting dan positioning pasar. Solusi: 1). Implementasi model Pembiayaan Syariah melalui rekayasa kelembagaan ekonomi Masyarakat pekebun kopi; 2).  Perbaikan aspek teknis dan operasi manajemen produksi Kopi; 2).  Penataan lay out proses produksi Green coffee bean; 3) Diseminasi teknologi mesin pulper dan huller sesuai standar SNI; 5). Penguatan aspek teknis dan operasional produksi produk turunan kopi; 6). Digitalisasi marketing guna meningkatkan omzet penjualan dengan memperbaiki target pasar, segmentasi pasar dan positioning pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. KPH Jember, “Perhutani-KPH Jember,” Jember, 2022. [Online]. Available: https://www.perhutani.co.id/tentang-kami/struktur-organisasi/divisi-regional/jatim/kph-jember/

Sundari, “The Influence of Penta Helix Model on Organizational Innovativeness and Product Innovation Performance at Creative Economy

Supporting Jember District Tourism Destination,” in The Influence of Penta Helix Model on Organizational Innovativeness and Product Innovation Performance at Creative Economy Supporting Jember District Tourism Destination, 2021. [Online]. Available: https://www.atlantis-press.com/proceedings/icoship-20/125950233

B. P. Y. Kurniawan, S. Sundari, and I. Wardati, “Confirmatory factor analysis and the development of a supply chain management for creating Sustainable Competitive Advantage of coffee production in Jember Indonesia,” Int. J. Supply Chain Manag., vol. 8, no. 4, pp. 610–621, 2019.

N. Hisamuddin, S. P. Dania, H. S. Putra, A. A. K. Mawardi, and Wasito, “Kompetensi rekening syariah, kinerja pembiayaan murabaha dan kinerja koperasi syariah,” Akuntabel, vol. 18, no. 4, pp. 744–752, 2021, [Online]. Available: http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL

Published

2023-08-30

How to Cite

[1]
A. Ahsin Kusuma Mawardi, M. Shulthoni, W. Prasetyo, A. Roziq, and S. Sundari, “Implementasi Pembiayaan Syariah Dalam Penguatan Produksi dan Digitalisasi Marketing Kopi Pada Kelompok Masyarakat Pekebun Kopi Desa Hutan: Implementasi Pembiayaan Syariah Dalam Penguatan Produksi dan Digitalisasi Marketing Kopi Pada Kelompok Masyarakat Pekebun Kopi Desa Hutan”, j-dinamika, vol. 8, no. 2, pp. 329–333, Aug. 2023.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.