PENGARUH PERSONAL SELLING, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN DI TOKO BAGIAK PELANGI SARI BANYUWANGI

Authors

  • Driyanto Wahyu Wicaksono
  • Bagus Putu Yudhia Kurniawan
  • Hariadi Subagja

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v15i3.22

Abstract

Kompetisi menjadi keniscayaan dalam setiap persoalan bisnis. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya pelaku bisnis baru. Begitupun juga yang dihadapi oleh pengusaha bagiak yang ada di Banyuwangi, tidak luput juga Toko Kue Bagiak Pelangi Sari Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung personal selling, kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen. Populasi penelitian adalah konsumen yang membeli kue bagiak pelangi sari Banyuwangi. Jumlah sampel 85 responden dengan accidental sampling. Data diperoleh dengan kuesioner. Analisis data dengan deskriptif persentatif yaitu persentasi dan path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel personal selling (X1), kualitas produk (X2) berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Variabel personal selling (X1), kualitas produk (X2) tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Hasil dari uji path analysis menunjukkan bahwa personal selling (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) melalui kepuasan konsumen (Z) dan kualitas produk (X2) berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian (Y) melalui kepuasan konsumen (Z), sehingga dapat dikatakan bahwa kepuasan konsumen (Z) memediasi pengaruh personal selling (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bhaskara (2011) dengan judul Customer Relationship Management (Crm) Dan Personal Selling Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Virgo Ekspres Tours & Travel Manado.

Darmo (2013) judul penelitian pengaruh personal selling & sales promotion terhadap kepuasan konsumen (studi kasus : jne duta square)

DennyIrawan (2013) “Analisa pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada konsumen restoran por kee Surabaya†JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN Vol. 1, No. 2, (2013) 1-8

Destiana (2015) “Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan KonsumenTerhadap Keputusan Pembelian Pada Steak House Kota Bandungâ€.

Edi safni, r (2014) tentang pengaruh personal selling dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 2 No. 1, 2014 pp. 69-78 STIE Kesatuan ISSN 2337 – 7860

Gaspersz, V. 2008.Total Quality Managament. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Ghozali I. 2005.Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang (ID): Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali I. 2008.Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang (ID). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herliagiani (2012) jurnal manajemen vol 09 no 4 juli 2012 dengan judul “Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone blackberry

Ika fitria (2011) dengan judul pengaruh kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian ulang pada depot air minum tris water Reverse Osmosis System (RO)

Kotler Philip dan Amstrong, 2010, Prinsip-Prinsip Manajemen, Jilid 1 Edisi Tigabelas, Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing, MBA., Penerbit Erlangga, Jakarta.

Mulyono (2008) “analisis pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumenâ€

Nur cholis, R (2010) meneliti tentang pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian produk tianshi (Survei pada Tianshi Group Stokis 124 Jln. Pasar Besar 104 Malang)

Published

2016-07-20

How to Cite

Wicaksono, D. W., Yudhia Kurniawan, B. P., & Subagja, H. (2016). PENGARUH PERSONAL SELLING, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN DI TOKO BAGIAK PELANGI SARI BANYUWANGI. Jurnal Ilmiah Inovasi, 15(3). https://doi.org/10.25047/jii.v15i3.22

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>