Analisis Strategi Pemasaran Roasting Coffee Robusta (Coffea canephora) Produksi Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) “Sumber Mulyo” Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.
Marketing Strategy Analysis of roasted robusta coffee (Coffea canephora) Production of Farmers Group Association (GAPOKTAN) “Sumber Mulyo” Pakis Village, Panti District, Jember Regency
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v23i1.3834Keywords:
Roasting Coffee Robusta, SWOT, AHP, strategi pemasaranAbstract
Kopi merupakan salah satu hasil komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi di antara tanaman perkebunan lainnya dan berperan penting sebagai sumber devisa negara. Kopi memegang peranan penting dalam perekonomian nasional. Apabila komoditas kebun cukup menunjang perekonomian nasional Indonesia. Kopi sebagai komoditas kebun telah menunjang perolehan devisa dan mampu menyerang tenaga kerja yang cukup banyak. Penelitian ini dilakukan di Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) “Sumber Mulyo” Desa Pakis, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember dengan tujuan menganalisis mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran roasting coffee robusta, mengetahui alternatif strategi pemasaran pada roasting coffee robusta (Coffea canephora), mengetahui prioritas strategi pemasaran pada roasting coffee robusta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa roasting coffee robusta (Coffea canephora) dengan menggunakan analisis SWOT di dapatkan 8 strategi dan dari faktor internal dan faktor eksternal. Sedangkan hasil analisis AHP yaitu mengoptimalkan peran tenaga pemasaran dan pengelolaan promosi produk untuk memperluas pemasaran produk merupakan atribut yang paling dominan dengan nilai tertinggi sebesar 0,206
Downloads
References
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada David, Fred R. 2016, Manajemen Strategis Konsep. Edisi 12, Jilid I, Terjemahan oleh Dono Sunardi, Jakarta: Salemba Empat.
Choiron, M., 2016. Penerapan GMP Pada Penanganan Pasca Panen Kopi Rakyat Untuk Menurunkan Okratoksin Produk Kopi. Agrointek, 4(2), pp.114-120.
Damayanthi, D., Adh, W., Januhari, U., Putra, A., Muliawan, I., Putra, S., Putra, T., Gautama, B., Hendrawan, R., & Saputra, B. (2022). Pelatihan Pembuatan Desain Kemasan Produk. Journal of Community Development, 2(2), 102–106.
Frey, D. 2003. Education-Based Marketing: How To Make Business Come To You. http://www.businessknowhow.com/marketing/education.htm
Hanafie, R. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit Andi : Jakarta
Heizer, J and Render. 2010. Manajemen Operasi, Buku kedua, Edisi Kesembilan. Salemba Empat. Jakarta.
Imtihan, S. A. S., & Kardoyo, K. (2019). Kemitraan Produksi dan Pemasaran UMKM Sirup Mangga. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 179–192.
Nazaruddin. 1993. Komoditi Ekspor Pertanian. Penebar Swadaya. Jakarta
Rahardjo P..2012. Paduan Budi Daya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta,. Jakarta: Penebar Swadaya
Schroeder, R. G. 1994. Manajemen Operasi Pengambilan Keputusan dalam Suatu Fungsi Operasi. Erlangga: Jakarta.
Sulistiono, S., & Mulyana, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Merek Dan Kemasan Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i2.512
Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Yedida, Cynara Kezia dan Ulkhaq, Muhammad Mujiya. (2015). Perencanaan Kebutuhan Persediaan Material Bahan Baku Pada CV Endhigra Prima dengan Metode Min-Max. Semarang: Universitas Diponegoro
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dhimas Gusti Nandita, Bagus Putu Yudhia Kurniawan, Ridwan Iskandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).