Pengaruh Kinerja Distribusi Selling-In Terhadap Kinerja Pemasaran PR. Gagak Hitam

Authors

  • Fredy Eka Ardhi Pratama Politeknik Negeri Jember
  • Hariadi Subagja Politeknik Negeri Jember
  • Ridwan Iskandar Politeknik Negeri Jember
  • Huda Ahmad Hudori Politeknik Negeri Jember
  • Paramita Andini Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v21i1.2627

Keywords:

Hubungan Distributor dengan Outlet, Kemampuan Tenaga Pemasaran, Citra Perusahaan, Pelayanan Outlet Strategi dan Penjualan, Kinerja Pemasaran

Abstract

Keberhasilan kinerja suatu perusahaan selling-in salah satunya dengan membangun hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggannya sehingga mampu menghadapi persaingan global. Penelitian ini mencoba menjawab fenomena bisnis pada PR. Gagak Hitam Maesan Bondowoso yang menunjukkan kecenderungan pemasaran terutama realisasi penjualan di bawah target penjualan dan relatif fluktuatif. Mengembangkan sebuah studi dibentuk dari tinjauan pustaka untuk menjawab fenomena bisnis. Model penelitian ini juga didasarkan pada penelitian sebelumnya. Sebuah model telah dikembangkan dan tujuh hipotesis telah dirumuskan untuk menjawab penelitian ini masalah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Responden dari penelitian ini berjumlah 114 responden, dimana responden adalah 114 sampel pemilik atau penanggung jawab gerai yang menjual produk dari PR. Gagak Hitam Maesan Bondowoso. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) pada program AMOS22. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan model dan hasil penelitian dapat diterima dengan baik. Penelitian ini membuktikan bahwa hubungan distributor dengan outlet berpengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap selling-in pertunjukan. Kemampuan tenaga penjualan memiliki dampak langsung dan signifikan terhadap kinerja penjualan. Citra perusahaan memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja sales-in. Strategi layanan outlet memiliki hubungan langsung dan efek yang tidak signifikan pada kinerja penjualan. Kinerja penjualan memiliki pengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hubungan distributor dengan outlet memiliki pengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Strategi pelayanan outlet berpengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Implikasi manajerial dan agenda penelitian juga dibahas dalam penelitian ini. Beberapa keterbatasan penelitian dan agenda penelitian yang akan datang dapat dijadikan acuan bagi peneliti selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fredy Eka Ardhi Pratama, Politeknik Negeri Jember

Program Studi Manajemen Agroindustri, Jurusan Manajemen Agribisnis

References

Kotler, Philip, (2007), “Marketing An Introduction Edisi Delapan”, Indeks, Jakarta.

Sunaryo, Bambang B. (2002), “Dinamika Strategi Pelayanan Outlet dan Kinerja Pemasaran”, Journal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 1, No. 1, Mei, p. 41-56

Arif, M Idris. (2004),” Analisis kinerja distribusi selling-in untuk meningkatkan kinerja pemasaran “,Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume III, Nomor 1, p. 55-70

Gamaliel, Fredrich, (2004), “ Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Kinerja Selling-in terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. III, Nomor 2, September 2004, p. 195-206.

Ferdinand, Augusty T., 2004, “ Strategic Selling-in Management”, Research Paper Series 3, Program MM UNDIP, Semarang.

Adikusumo, Susanti (2003) “ Analisis pengaruh kualitas hubungan bisnis antara tenaga penjualan dan retailer terhadap efektivitas penjualan “, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume II, Nomor 3, p. 247-264.

Homburg, Christian Wayne D. Hoyer, & Martin Fassnacht, (2002), “ Service Orientation of a Retailer’s Business Strategy : Dimensions, Antecedents, and Performance Outcomes ”, Journal of Marketing. Vol. 66 (October),p. 86-101

Gamaliel, Fredrich, (2004), “ Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Kinerja Selling-in terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. III, Nomor 2, September 2004, p. 195-206.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Published

2021-04-30

How to Cite

Pratama, F. E. A., Subagja, H., Iskandar, R., Hudori, H. A., & Andini, P. (2021). Pengaruh Kinerja Distribusi Selling-In Terhadap Kinerja Pemasaran PR. Gagak Hitam. Jurnal Ilmiah Inovasi, 21(1), 7–12. https://doi.org/10.25047/jii.v21i1.2627

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>