Pengaruh Kinerja Distribusi Selling-In Terhadap Kinerja Pemasaran PR. Gagak Hitam
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v21i1.2627Keywords:
Hubungan Distributor dengan Outlet, Kemampuan Tenaga Pemasaran, Citra Perusahaan, Pelayanan Outlet Strategi dan Penjualan, Kinerja PemasaranAbstract
Keberhasilan kinerja suatu perusahaan selling-in salah satunya dengan membangun hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggannya sehingga mampu menghadapi persaingan global. Penelitian ini mencoba menjawab fenomena bisnis pada PR. Gagak Hitam Maesan Bondowoso yang menunjukkan kecenderungan pemasaran terutama realisasi penjualan di bawah target penjualan dan relatif fluktuatif. Mengembangkan sebuah studi dibentuk dari tinjauan pustaka untuk menjawab fenomena bisnis. Model penelitian ini juga didasarkan pada penelitian sebelumnya. Sebuah model telah dikembangkan dan tujuh hipotesis telah dirumuskan untuk menjawab penelitian ini masalah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Responden dari penelitian ini berjumlah 114 responden, dimana responden adalah 114 sampel pemilik atau penanggung jawab gerai yang menjual produk dari PR. Gagak Hitam Maesan Bondowoso. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) pada program AMOS22. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan model dan hasil penelitian dapat diterima dengan baik. Penelitian ini membuktikan bahwa hubungan distributor dengan outlet berpengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap selling-in pertunjukan. Kemampuan tenaga penjualan memiliki dampak langsung dan signifikan terhadap kinerja penjualan. Citra perusahaan memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja sales-in. Strategi layanan outlet memiliki hubungan langsung dan efek yang tidak signifikan pada kinerja penjualan. Kinerja penjualan memiliki pengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hubungan distributor dengan outlet memiliki pengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Strategi pelayanan outlet berpengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Implikasi manajerial dan agenda penelitian juga dibahas dalam penelitian ini. Beberapa keterbatasan penelitian dan agenda penelitian yang akan datang dapat dijadikan acuan bagi peneliti selanjutnya.
Downloads
References
Kotler, Philip, (2007), “Marketing An Introduction Edisi Delapan”, Indeks, Jakarta.
Sunaryo, Bambang B. (2002), “Dinamika Strategi Pelayanan Outlet dan Kinerja Pemasaran”, Journal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. 1, No. 1, Mei, p. 41-56
Arif, M Idris. (2004),” Analisis kinerja distribusi selling-in untuk meningkatkan kinerja pemasaran “,Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume III, Nomor 1, p. 55-70
Gamaliel, Fredrich, (2004), “ Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Kinerja Selling-in terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. III, Nomor 2, September 2004, p. 195-206.
Ferdinand, Augusty T., 2004, “ Strategic Selling-in Management”, Research Paper Series 3, Program MM UNDIP, Semarang.
Adikusumo, Susanti (2003) “ Analisis pengaruh kualitas hubungan bisnis antara tenaga penjualan dan retailer terhadap efektivitas penjualan “, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume II, Nomor 3, p. 247-264.
Homburg, Christian Wayne D. Hoyer, & Martin Fassnacht, (2002), “ Service Orientation of a Retailer’s Business Strategy : Dimensions, Antecedents, and Performance Outcomes ”, Journal of Marketing. Vol. 66 (October),p. 86-101
Gamaliel, Fredrich, (2004), “ Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Kinerja Selling-in terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. III, Nomor 2, September 2004, p. 195-206.
Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fredy Eka Ardhi Pratama, Hariadi Subagja, Ridwan Iskandar, Huda Ahmad Hudori, Paramita Andini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).