ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI TERHADAP KUALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TERASI PUGER (Studi Kasus Konsumen Terasi Puger di Pasar Tanjung, Pasar Kepatihan dan Pasar Gebang Kabupaten Jember)

Authors

  • Andi Muhammad Ismail
  • Dhanang Eka Putra

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v16i2.300

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisa apakah faktor citra merek, persepsi terhadap kualitas dan harga mempengaruhi keputusan pembelian terasi puger di pasar Tanjung, pasar Kepatihan dan pasar Gebang Kabupaten Jember. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini cara pengambilan sampel menggunakan accidental sampling yaitu kepada konsumen yang melakukan pembelian terasi puger yang tersebar di pasar Tanjung, pasar Kepatihan dan pasar Gebang Kabupaten Jember. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode analisis statistik dan metode analisis regresi yang meliputi uji validitas dan reabilitas, analisis regresi linier berganda, uji determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa tiga variable independen yaitu citra merek, persepsi terhadap kualitas dan harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variable dependen yaitu keputusan pembelian terasi puger. Pengaruh positif terhadap keputusan pembelian terasi puger terbesar terdapat pada persepsi terhadap kualitas yaitu 0,817 kemudian di ikuti oleh citra merek yaitu sebesar 0,262 sedangkan harga memiliki nilai yang sangat rendah yaitu sebesar 0,009 yang berarti tidak signifikan. Sedangkan secara serempak citra merek, persepsi terhadap kualitas dan harga mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 33,895 dengan F table sebesar 2,69 yang berarti f hitung > f tabel sehingga memiliki pengaruh yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R. 2008. Pengelolahan dan Pengawetan Ikan . Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astuti dan Cahyadi. 2007. Pengaruh Elemen Ekuitas Merek terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3. Majalah Ekonomi Tahun XVII, No 2.

Duriyanto. 2004. Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..

Engel. 1994. Perilaku Konsumen.Jakarta: Binarupa Aksara, Edisi Enam.

Farah. 2005. Teori Dan Aplikasi Manajemen Keuangan Investasi dan Sumber Dana Jangka Pendek.Jakarta : Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia

Husein. 2007. Riset Perilaku Konsumen.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2012. Jakarta

Kotler, P. 2004. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium2. Jakarta: Prenhallindo

………… 2000. Marketing Management, The Millenium Edition. Upper Sadde River, New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Margianto. 2013. Analisis Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry di Kota Semarang. http://core.ac.uk/download/files/379/16702284/pdf. (Diakses pada tanggal 17 Agustus 2016 pukul 21:39 WIB)

Mayasari. 2011. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Terhadap Kualitas, Nama Merk, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pencuci Pakaian Bubuk Attack( Studi Kasus pada Konsumen Produk Attack di Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. http://core.ac.uk/download/files/379/11733629/pdf (Diakses pada tanggal 17 Agustus 2016 Jam 21:42 WIB)

Muafi, E. 2001. Mengelola Ekuitas Merek: Upaya Memenangkan Persaingan di Era Global. Jurnal EKOBIS, Vol. 2, No 3, September 2001 pp. 129-139

Pierson, S. 2013. Kajian Terasi Atau Balacan Sebagai Bahan Tambahan Makanan. http://www.detikfood.com (Diakses tanggal 17 Agustus 2016 jam 22.04 WIB)

Pustaka Indonesia. 2016. Potensi Laut Indonesia Senilai 7.200 Triliun. http://www.pustakaindonesia.org (Diakses tanggal 16 Agustus 2016 jam 20:56)

Purba. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi.Medan: Press

Schiffman. 2002. Perilaku Konsumen.Jakarta: PT. Indeks

Sadat. 2009. Brand Belief, Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat

Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 1998. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta

…………. 2005 . Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta

…………. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Swastha, Basu dan Irawan.1997. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. BPFE.Yogyakarta.

Umar, H. 1999. Metodologi Penelitian: Aplikasi Dalam Pemasaran, Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama

Yuniar, S. 2010. Resep Makanan Indonesia.http://www.panganindonesia.com (Diakses selasa tanggal 16 agustus 2016, jam 21:19)

Published

2016-12-28

How to Cite

Ismail, A. M., & Putra, D. E. (2016). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI TERHADAP KUALITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TERASI PUGER (Studi Kasus Konsumen Terasi Puger di Pasar Tanjung, Pasar Kepatihan dan Pasar Gebang Kabupaten Jember). Jurnal Ilmiah Inovasi, 16(2). https://doi.org/10.25047/jii.v16i2.300

Issue

Section

Article