Strategi Pemasaran Produk Benih Cabe Rawit (Capsicum Frutescent) di CV. Permata Agri Nusantara

Marketing Strategy of Cayenne Pepper (Capsicum Frutescent) Seed Products at CV. Permata Agri Nusantara

Authors

  • Rihan Firdaus Politeknik Negeri Jember
  • Nanang Dwi Wahyono Politeknik Negeri Jember
  • Dhanang Eka Putra Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v24i1.4526

Keywords:

Benih, cabai, QSPM, SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat pada produk benih cabe rawit di CV. Permata Agri Nusantara. Melihat dari kondisi lingkungan eksternal perusahaan yang sebagian besar tidak dapat dikendalikan dan tidak pasti mengharuskan penyusunan strategi yang tepat di dalam memasarkan produk. Lokasi penelitian beralamat kecamatan Jenggawah, kabupaten Jember. Dengan pertimbangan bahwa kabupaten Jember merupakan pusat pembenihan nasional yang dibuktikan dengan banyaknya jumlah produsen benih hortikultura dan pangan. Tingkat kesuburan tanah dan sumber daya manusia yang tersedia menjadikan kabupaten Jember lokasi yang mudah untuk memproduksi benih tanaman dengan kualitas yang baik. Hal tersebut sejalan dengan banyaknya kompetitor yang menjadi pesaing yang dapat menggerus produsen benih lainnya jika bisnis yang dijalankan tidak didukung dengan strategi yang baik pula. Berdasarkan Hasil Matriks Internal External (IE) dapat diketahui bahwa pada sumbu X memiliki total skor IFE sebesar 3,15 dan pada sumbu Y memiliki total skor EFE sebesar 3,27, sehingga apabila kedua titik dihubungkan maka diperoleh posisi usaha benih cabai rawit berada pada sel I, yaitu tumbuh dan membangun (growth and build) dengan strategi yang dapat digunakan adalah penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar. Sedangkan strategi matriks SWOT dengan menggunakan analisis QSPM didapatkan hasil nilai TAS sebesar 6,84.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV Alfabeta. Bandung

David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis Konsep, Buku 1. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

David, R.V. David, R.V. 2015. Manajemen Startegik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing Edisi 15. Terjemahan Puspasari, N. Nurbani L. Jakarta Selatan: Salemba Empat

Ahmad Nasrudin. 2019. Pengembangan Pasar. https://cerdasco.com

Khotimah, H. 2019. Mengenal Pola Pola Kemitraan Agribisnis. Cybex.pertanian.go.id. https://cerdasco.com

Published

2024-04-30

How to Cite

Firdaus, R., Wahyono, N. D., & Putra, D. E. (2024). Strategi Pemasaran Produk Benih Cabe Rawit (Capsicum Frutescent) di CV. Permata Agri Nusantara: Marketing Strategy of Cayenne Pepper (Capsicum Frutescent) Seed Products at CV. Permata Agri Nusantara. Jurnal Ilmiah Inovasi, 24(1), 37–45. https://doi.org/10.25047/jii.v24i1.4526

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>