Strategi Pemasaran Produk Benih Cabe Rawit (Capsicum Frutescent) di CV. Permata Agri Nusantara
Marketing Strategy of Cayenne Pepper (Capsicum Frutescent) Seed Products at CV. Permata Agri Nusantara
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v24i1.4526Keywords:
Benih, cabai, QSPM, SWOTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat pada produk benih cabe rawit di CV. Permata Agri Nusantara. Melihat dari kondisi lingkungan eksternal perusahaan yang sebagian besar tidak dapat dikendalikan dan tidak pasti mengharuskan penyusunan strategi yang tepat di dalam memasarkan produk. Lokasi penelitian beralamat kecamatan Jenggawah, kabupaten Jember. Dengan pertimbangan bahwa kabupaten Jember merupakan pusat pembenihan nasional yang dibuktikan dengan banyaknya jumlah produsen benih hortikultura dan pangan. Tingkat kesuburan tanah dan sumber daya manusia yang tersedia menjadikan kabupaten Jember lokasi yang mudah untuk memproduksi benih tanaman dengan kualitas yang baik. Hal tersebut sejalan dengan banyaknya kompetitor yang menjadi pesaing yang dapat menggerus produsen benih lainnya jika bisnis yang dijalankan tidak didukung dengan strategi yang baik pula. Berdasarkan Hasil Matriks Internal External (IE) dapat diketahui bahwa pada sumbu X memiliki total skor IFE sebesar 3,15 dan pada sumbu Y memiliki total skor EFE sebesar 3,27, sehingga apabila kedua titik dihubungkan maka diperoleh posisi usaha benih cabai rawit berada pada sel I, yaitu tumbuh dan membangun (growth and build) dengan strategi yang dapat digunakan adalah penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar. Sedangkan strategi matriks SWOT dengan menggunakan analisis QSPM didapatkan hasil nilai TAS sebesar 6,84.
Downloads
References
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV Alfabeta. Bandung
David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis Konsep, Buku 1. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
David, R.V. David, R.V. 2015. Manajemen Startegik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing Edisi 15. Terjemahan Puspasari, N. Nurbani L. Jakarta Selatan: Salemba Empat
Ahmad Nasrudin. 2019. Pengembangan Pasar. https://cerdasco.com
Khotimah, H. 2019. Mengenal Pola Pola Kemitraan Agribisnis. Cybex.pertanian.go.id. https://cerdasco.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rihan Firdaus, Nanang Dwi Wahyono, Dhanang Eka Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).