Faktor-Faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Teh Kotak (Studi Kasus di Jurusan Manajemen Agribisnis Politeknik Negeri Jember)
Factors Influencing Consumer Behavior on Purchase of Teh Kotak (Case Study in The Department of Agribusiness Management in Politeknik Negeri Jember)
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v24i1.4222Keywords:
budaya, sosial, pribadi, psikologis, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Menganalisis pembelian teh kotak dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis secara serempak dan parsial terhadap keputusan pembelian. (2) Menganalisis dan menjelaskan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap pembelian Teh Kotak. Penelitian ini menggunakan 50 responden mahasiswa dengan metode survey teknik penarikan insidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Uji F menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis secara serempak mempengaruhi keputusan pembelian. Pengaruh yang paling pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian adalah faktor budaya dan psikologis, faktor pribadi dan sosial memiliki pengaruh yang sedikit lebih kecil. Budaya memiliki dampak dominan pada perilaku pembelian, hal ini didasarkan pada terbiasanya konsumen mengkonsumsi produk di daerahnya dan minat sama dengan kelas sosialnya terhadap minuman Teh Kotak. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan kedepannya produsen Teh kotak yaitu PT. Ultrajaya Milk Tbk, dapat mempertimbangkan faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terutama budaya konsumen dalam memasarkan produk Teh kotak sehingga Teh kotak mampu kembali menjadi Top Brand Award.
Downloads
References
Setiadi, N. Perilaku Konsumen. Kencana Prenadamedia Group. 2003.
Abdullah, T, dan Tantri, F. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. 2012.
Sangadji, EM, dan Sopiah. Perilaku Konsumen. C.V Andi Offset. 2013.
PT. Ultra Jaya Milk Industry Tbk. https://www.ultrajaya.co.id/products/teh-kotak-jasmin-tea/ind
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. 2017.
Asnawi, N. dan Maysyuri. Metodelogi Riset Manajemen Pemasaran. UIN-Malang Press. 2009.
Sujarweni, W. SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru Press. 2019.
Ghozali, I. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2016.
Utama, Rahmad F. Kajian Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Kopi Wine CK Street. Skripsi. Agribisnis. Medan: Universitas Muhammadyah Sumatra Utara. 2021.
Fahrudin, dkk. Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Viro Dalam Kemasan Merek Viro Kota Bogor. Jurnal Visionida Volume 1 Nomor 1: 35-46. 2015.
Firmanda W. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Susu Milo Kemasan Siap Minum Di Politeknik Negeri Jember. Skripsi. Jember:Politeknik Negeri Jember. 2021.
Astuti, dkk. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Kopi Kapal Api Di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Agritas. Vol. 3 No. 1. 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rico Devriza Anwar, Paramita Andini, Andi Muhammad Ismail, Dhanang Eka Putra, Ratih Puspitorini Y.A

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).