Penerapan Website Cesmestore.com Untuk Pemasaran Produk Unggulan UMKM Jepara
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i1.4176Keywords:
ekspor, Incoterms, laman, pemasaran, UMKMAbstract
Mitra belum memahami penerapan proses ekspor dan pengiriman internasional ketika mereka bersedia mempromosikan produk kompetitif mereka kepada pelanggan potensial internasional. Mitra hanya menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk mereka melalui media sosial ke kontak domestik yang tersimpan di ponsel mereka. Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki dua tujuan, yaitu: (1) Meningkatkan pengetahuan mitra terkait proses ekspor dan ketentuan pengiriman internasional; dan (2) Untuk memfasilitasi mitra memasarkan produk mereka di situs web dalam bahasa Inggris. Metode kegiatan pelayanan dengan memberikan materi pemahaman proses ekspor, penerapan incoterms 2022, dan penggunaan landing page. Peserta dan mitra PKM mendapatkan pemahaman tentang penerapan kontrak pengiriman ekspor dan merespon bahwa materi yang diberikan memberikan pemahaman tentang pengenalan ekspor dan pengiriman barang. Tim PKM memfasilitasi dengan membuat website untuk memasarkan produk unggulan yang dihasilkan oleh mitra dan UMKM. Pembuatan halaman memakan waktu sekitar dua bulan. Situs web ini berisi produk-produk unggulan dan memberikan deskripsi dalam bahasa Inggris. Halaman ini dapat diakses secara online dengan pembelian hosting selama setahun. Halaman dapat diakses di cesmestore.com. Saran untuk keberlangsungan kegiatan PKM antara lain mengoptimalkan penggunaan website dan media sosial untuk memasarkan produk yang kompetitif dengan menggunakan SEO dan iklan berbayar.
Downloads
References
I. Kalinic and K. D. Brouthers, “Entrepreneurial orientation, export channel selection, and export performance of SMEs,” Int. Bus. Rev., vol. 31, no. 1, p. 101901, 2022, doi: 10.1016/j.ibusrev.2021.101901.
S. Esaku, “Investments, export entry and export intensity in small manufacturing firms,” J. Ind. Bus. Econ., vol. 47, no. 4, pp. 677–697, 2020, doi: 10.1007/s40812-020-00156-9.
R. & A. M. & H. N. Rivani, “Implementasi Program Digital Marketing Pada Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4(2), no. 2, pp. 353–358, 2021.
V. Gurbaxani and D. Dunkle, “Gearing up for successful digital transformation,” MIS Q. Exec., vol. 18, no. 3, pp. 209–220, 2019, doi: 10.17705/2msqe.00017.
A. Garzoni, I. De Turi, G. Secundo, and P. Del Vecchio, “Fostering digital transformation of SMEs: a four levels approach,” Manag. Decis., vol. 58, no. 8, pp. 1543–1562, 2020, doi: 10.1108/MD-07-2019-0939.
S. Denicolai, A. Zucchella, and G. Magnani, “Internationalization, digitalization, and sustainability: Are SMEs ready? A survey on synergies and substituting effects among growth paths,” Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 166, no. March 2020, p. 120650, 2021, doi: 10.1016/j.techfore.2021.120650.
H. Susanti Samosir et al., “Pelatihan Penggunaan Website Marketplace Untuk Para Pengrajin Di Balige,” J-Dinamika J. Pengabdi. Masy., vol. 8, no. 1, pp. 141–146, 2023, doi: 10.25047/j-dinamika.v8i1.3628.
E. Nurfarida and A. K. Adi P, “Web Marketplace Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Kediri,” J-Dinamika J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 141–146, 2016, doi: 10.25047/j-dinamika.v1i2.186.
R. B. Bouncken, S. Kraus, and N. Roig-Tierno, “Knowledge- and innovation-based business models for future growth: digitalized business models and portfolio considerations,” Rev. Manag. Sci., vol. 15, no. 1, pp. 1–14, 2021, doi: 10.1007/s11846-019-00366-z.
Y. A. Hidayat, A. Shelomita, and P. Pikri, “Pemanfaatan Laman Guna Penentuan Produk Unggulan dan Target Importir Potensial,” Empower. J. Pengabdi. Masy., vol. 05, pp. 68–75, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yusmar Ardhi Hidayat, Firman Pravikasih, Kurniani Kurniani, Febriana Indrasari, Dika Vivi Widyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.