PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA PRODUK TEMPE (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN “SUMBER REJEKIâ€)
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v13i2.105Abstract
Perusahaan tempe “Sumber Rejeki†sebagai pelaku bisnis harus bisa mencari, mengenal dan mengetahui kriteria atribut mutu apa saja untuk produk tempe yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumennya. Salah satu metode yang terbukti efektif dan sukses untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen adalah penggunaan aplikasi Quality Function Deployment (QFD).
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kriteria atribut produk tempe yang dibutuhkan dan diharapkan oleh konsumen, (2) untuk mengetahui penilaian mutu produk tempe Sumber Rejeki dibandingkan produk kompetitor (“A†dan “Bâ€) dengan menggunakan metode QFD, dan (3) untuk mengetahui usaha perbaikan perusahaan Sumber Rejeki dengan menggunakan metode QFD agar produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumen.
Pada hasil penelitian didapatkan atribut harapan konsumen (whats) sebanyak sembilan (8) atribut. Dengan skala penilaian 1-5, urutan prioritasnya : rasa tempe (4,8), tekstur tempe (4,67), warna tempe (4,40), harga produk (4,33), aroma tempe (3,63), ketersediaan produk (3,57), kemasan produk (3,37), dan informasi produk (3,33). Untuk penilaian kualitas produk tempe Sumber Rejeki, masih di bawah tempe “Aâ€, konsumen merasa kualitas produk yang diberikan belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Produk tempe Sumber Rejeki mendapatkan penilaian kepuasan konsumen paling rendah pada hampir semua atribut kualitas produknya, bila dibandingkan dengan kompetitornya (“Aâ€) yaitu berupa rasa tempe (4,27),  aroma tempe (4,63), ketersediaan produk (4,23), kemasan produk (4,20), tekstur tempe (4,17) dan informasi produk (4,27), dengan skala penilaian 1-5. Akan tetapi lebih tinggi dari tempe “B†pada atribut warna tempe (4,37) dan harga produk (4,40). Berdasarkan hasil perbandingan Performance Respon Teknis produk tempe Sumber Rejeki masih berada di bawah tempe “Aâ€. Perusahaan Sumber Rejeki perlu meningkatkan kinerja persyaratan respon teknis yang diperolehnya, dengan cara:(1) memperbaiki metode pada setiap tahapan proses pengolahan tempe; (2) memperbaiki desain kemasan produk; (3) memperbaiki strategi penetapan harga; (4) memperluas daerah distribusi; dan (5) meningkatkan strategi promosi.Â
Downloads
References
Ali, I, 2008. Buat Tempe Yuuuuk. http://iqbalali.com/2008/05/07/buat-tempe-yuuuuk/. Diakses tanggal 18 September 2012.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Astawan, M. 2008. Sehat Dengan Tempe.Panduan Lengkap Menjaga Kesehatan dengan Tempe. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Cohen, L. 1995. Quality Function Deployment, How to Make QFD Work for You. Massachussetts: Addison Wesley Publishing Company.
Ferlina, F. 2009. Tempe. http://www.adln.lib.unair.ac.id/go.php. (Diakses pada tanggal 2 Oktober 2009).
Hidayat, N. 2008. Fermentasi Tempe. http://ptp2007.files.wordpress.com/2008/03/fermentasi-tempe.pdf. (Diakses pada tanggal 20 Oktober 2009).
Kartika, B. P. Hastuti, W. Supartono. 2000. Pedoman Uji Inderawi Bahan Pangan. Yogyakarta: UGM Press.
Kasmidjo, R.B., 1999. TEMPE : Mikrobiologi dan Kimia Pengolahan serta Pemanfaatannya. Yogyakarta : PAU Pangan dan Gizi UGM.
Kotler, P. 2003. Marketing Management, Eleventh Edition. USA : Prentice Hall.
Lubis, A. N. 2004. Peran Distribusi. Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
Nurbiyati, T dan Machfoedz, M. 2005. Manajemen Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Penerbit Kanyon.
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suharyono, A. S. dan Susilowati. 2006. Pengaruh Jenis Tempe dan Bahan Pengikat Terhadap Sifat Kimia dan Organoleptik Produk Nugget Tempe. Prosiding Seminar Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Lampung, 2006, hal 280-290.
http://lemlit.unila.ac.id/file/Prosiding/ProsidingI2006.pdf (Diakses pada tanggal 17 November 2009).
Tandjung, J.W. 2004. Marketing Management. Pendekatan Pada Nilai-nilai Pelanggan. Malang: Bayu Media.
Winarno, F.G. 2002. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).