Analisis SWOT Perusahaan Startup CV. Basiscrop Indonesia

Authors

  • Irma Harlianingtyas Politeknik Negeri Jember
  • Satria Indra Kusuma Politeknik Negeri Jember
  • Triono Bambang Irawan Politeknik Negeri Jember

Keywords:

Organik, pemasaran, produksi, strategi

Abstract

Pupuk organik merupakan faktor penting dalam produksi hasil pertanian dan perkebunan berkelanjutan. Untuk menghasilkan produksi pertanian dan perkebunan yang memiliki kualitas mutu tinggi sangat bergantung dengan pupuk organik. CV Basiscrop Indonesia adalah produsen berbagai pupuk organik, dekomposer, asam amino dan biopestisida, produk unggulan CV Basiscrop antara lain pupuk BC, pupuk Asam Amino, Pupuk Blotong, Dekomposer Rumen Sapi dan Napofith. CV Basiscrop Indonesia berdiri sejak tahun 2023 dengan wilayah kerja Area Lumajang, Probolinggo, Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berbagai faktor secara sistematis berdasarkan kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman sehingga dapat merumuskan strategi serta kebijakan yang tepat pada CV. Basiscrop Indonesia. Berdasarkan hasil analisis perusahaan menghadapi peluang yang sangat besar, namun disisi lain CV. Basiscrop Indonesia menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: meningkatkan ketersediaan produk setiap bulannya, pemasaran online dan offline secara massif, membuat demplot percobaan untuk meyakinkan mitra, eksport produk ke asia tenggara, bidik target pasar perusahaan sawit, rekruitmen tenaga kerja supporting, membentuk budaya kerja yang kompetitif, meningkatkan selling skill, membangun kemitraan dan kerjasama dengan pemerintah, asosiasi dan toko pertanian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember, “Kabupaten Jember Dalam Angka,” Jember, 2022.

[2] I. S. Roidah, “Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Untuk Kesuburan Tanah,” vol. 1, no. 1, 2013.

[3] N. Ginting et al., “Pemanfaatan Pupuk Organik Yang Ramah Lingkungan Terhadap pertumbuhan Tanaman Di Pematang Raya,” Community Dev. J., vol. 4, no. Juni, pp. 3682–3686, 2023.

[4] A. S. Parnata, Pupuk Organik Cair Aplikasi & Manfaatnya. AgroMedia, 2004.

[5] S. Hadisuwito, Membuat pupuk organik cair. AgroMedia, 2012.

[6] Basiscrop, “CV Basiscrop Indonesia,” 2022. https://www.basiscrop.com/.

[7] M. H. N. S. S. M. A. A. M. H. I. L. . Lawalata, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan,” YUME J. Manag., vol. 5, no. 1, pp. 222–237, 2022, doi: 10.37531/yume.vxix.436.

[8] S. Janiah, “Strategic Management EFE-IFE MATRIX, SWOT analysis, Competitive Profil Matrix (CPM) Dan BCG Matrix Pada PT Yamaha,” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 188–196, 2019.

[9] A. W. Abdirrahman, “ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DI PIT-STOP KOPI KIG.” UPN" VETERAN’JAWA TIMUR, 2021.

[10] L. D. Anggraeni, P. Deoranto, and D. M. Ikasari, “Analisis persepsi konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index,” Ind. J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 4, no. 2, pp. 74–81, 2015.

[11] G. Amstrong and P. Kotler, “Prinsip-prinsip pemasaran,” Jakarta: Erlangga, 2008.

[12] N. Rai and B. Thapa, “A study on purposive sampling method in research,” KathmanduKathmandu Sch. Law, pp. 1–12, 2019, [Online]. Available: http://stattrek.com/survey-research/sampling-methods.aspx?Tutorial=AP,%0Ahttp://www.academia.edu/28087388.

[13] Siti Romdona, Silvia Senja Junista, and Ahmad Gunawan, “Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara, dan Kuesioner,” JISOSEPOL J. ILMU Sos. Ekon. DAN Polit., vol. 3, no. 1, pp. 39–47, 2025.

[14] D. Fauzi and I. Martadona, “Strategi Pemasaran Padi Organik di Kelompok Tani Padi Rimbun Kota Padang Organic Rice Marketing Strategy on Rimbun Paddy Farmer Group in Padang City.”

[15] D. Kusbandono, “Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis ( Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan),” J. Manaj., vol. 4, no. 2, p. 921, 2019, doi: 10.30736/jpim.v4i2.250.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Harlianingtyas, I., Kusuma, S. I., & Irawan, T. B. (2025). Analisis SWOT Perusahaan Startup CV. Basiscrop Indonesia. Jurnal Ilmiah Inovasi, 25(1), 45–49. Retrieved from https://publikasi.polije.ac.id/jii/article/view/5964

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.