Analisis SWOT Perusahaan Startup CV. Basiscrop Indonesia
Keywords:
Organik, pemasaran, produksi, strategiAbstract
Pupuk organik merupakan faktor penting dalam produksi hasil pertanian dan perkebunan berkelanjutan. Untuk menghasilkan produksi pertanian dan perkebunan yang memiliki kualitas mutu tinggi sangat bergantung dengan pupuk organik. CV Basiscrop Indonesia adalah produsen berbagai pupuk organik, dekomposer, asam amino dan biopestisida, produk unggulan CV Basiscrop antara lain pupuk BC, pupuk Asam Amino, Pupuk Blotong, Dekomposer Rumen Sapi dan Napofith. CV Basiscrop Indonesia berdiri sejak tahun 2023 dengan wilayah kerja Area Lumajang, Probolinggo, Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berbagai faktor secara sistematis berdasarkan kekuatan, peluang, kelemahan, dan ancaman sehingga dapat merumuskan strategi serta kebijakan yang tepat pada CV. Basiscrop Indonesia. Berdasarkan hasil analisis perusahaan menghadapi peluang yang sangat besar, namun disisi lain CV. Basiscrop Indonesia menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: meningkatkan ketersediaan produk setiap bulannya, pemasaran online dan offline secara massif, membuat demplot percobaan untuk meyakinkan mitra, eksport produk ke asia tenggara, bidik target pasar perusahaan sawit, rekruitmen tenaga kerja supporting, membentuk budaya kerja yang kompetitif, meningkatkan selling skill, membangun kemitraan dan kerjasama dengan pemerintah, asosiasi dan toko pertanian.
Downloads
References
[1] Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember, “Kabupaten Jember Dalam Angka,” Jember, 2022.
[2] I. S. Roidah, “Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Untuk Kesuburan Tanah,” vol. 1, no. 1, 2013.
[3] N. Ginting et al., “Pemanfaatan Pupuk Organik Yang Ramah Lingkungan Terhadap pertumbuhan Tanaman Di Pematang Raya,” Community Dev. J., vol. 4, no. Juni, pp. 3682–3686, 2023.
[4] A. S. Parnata, Pupuk Organik Cair Aplikasi & Manfaatnya. AgroMedia, 2004.
[5] S. Hadisuwito, Membuat pupuk organik cair. AgroMedia, 2012.
[6] Basiscrop, “CV Basiscrop Indonesia,” 2022. https://www.basiscrop.com/.
[7] M. H. N. S. S. M. A. A. M. H. I. L. . Lawalata, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan,” YUME J. Manag., vol. 5, no. 1, pp. 222–237, 2022, doi: 10.37531/yume.vxix.436.
[8] S. Janiah, “Strategic Management EFE-IFE MATRIX, SWOT analysis, Competitive Profil Matrix (CPM) Dan BCG Matrix Pada PT Yamaha,” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 188–196, 2019.
[9] A. W. Abdirrahman, “ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DI PIT-STOP KOPI KIG.” UPN" VETERAN’JAWA TIMUR, 2021.
[10] L. D. Anggraeni, P. Deoranto, and D. M. Ikasari, “Analisis persepsi konsumen menggunakan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index,” Ind. J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 4, no. 2, pp. 74–81, 2015.
[11] G. Amstrong and P. Kotler, “Prinsip-prinsip pemasaran,” Jakarta: Erlangga, 2008.
[12] N. Rai and B. Thapa, “A study on purposive sampling method in research,” KathmanduKathmandu Sch. Law, pp. 1–12, 2019, [Online]. Available: http://stattrek.com/survey-research/sampling-methods.aspx?Tutorial=AP,%0Ahttp://www.academia.edu/28087388.
[13] Siti Romdona, Silvia Senja Junista, and Ahmad Gunawan, “Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara, dan Kuesioner,” JISOSEPOL J. ILMU Sos. Ekon. DAN Polit., vol. 3, no. 1, pp. 39–47, 2025.
[14] D. Fauzi and I. Martadona, “Strategi Pemasaran Padi Organik di Kelompok Tani Padi Rimbun Kota Padang Organic Rice Marketing Strategy on Rimbun Paddy Farmer Group in Padang City.”
[15] D. Kusbandono, “Analisis Swot Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis ( Study Kasus Pada Ud. Gudang Budi, Kec. Lamongan),” J. Manaj., vol. 4, no. 2, p. 921, 2019, doi: 10.30736/jpim.v4i2.250.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irma Harlianingtyas, Satria Indra Kusuma, Triono Bambang Irawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).