Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Benih Jagung Manis (Zea mays saccharata) Varietas YS 12 Produksi CV. Danau Tondano Seed Expert Jember

Marketing Strategy Analysis for Uptain the Sale Volume of Sweet Corn Seeds (Zea Mays Saccharata) YS 12 Variety Producted from CV. Danau Tondano Seed Expert Jember

Authors

  • Hasanuddin Hasanuddin Politeknik Negeri Jember
  • Ridwan Iskandar Politeknik Negeri Jember
  • R. Alamsyah Sutantio Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v23i2.4038

Keywords:

pemasaran, jagung manis, YS 12, SWOT, AHP

Abstract

Jagung manis merupakan produk yang saat ini mengalami permintaan yang besar. Telah banyak varietas jagung manis hibrida yang ada di pasar. Salah satu perusahaan yang mengembangkan jagung manis adalah CV. Danau Tondano Seed Expert Jember. Perusahaan ini merupakan perusahaan lokal yang berdiri sejak tahun 2017 dan memiliki fokus bisnis pada pengembangan jagung manis (sweet corn), jagung pakan (field corn), dan jagung ketan (waxy corn). Salah satu Varietas jagung manis yang dimiliki oleh CV. Danau Tondano Seed Expert Jember adalah varietas YS 12 yang telah dilepas oleh Kementan RI nomor : 27/Kpts/PV.240/D/I/2023. CV. Danau Tondano Seed Expert Jember akan memproduksi dan menjual benih jagung sebesar 2 ton, maka perusahaan memerlukan perencanaan strategi pemasaran yang baik. Pada tahap awal analisis SWOT kemudian dilanjutkan dengan metode AHP untuk menarik kesimpulan strategi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT menunjukkan perusahaan pada sel/kuadran V, yaitu menjaga dan mempertahankan (Hold and Maintan), serta hasil analisis AHP didapat beberapa strategi prioritas untuk pemasaran benih jagung manis Varietas YS 12 yaitu : Mengoptimalkan peran tenaga pemasaran dan peningkatan volume promosi untuk memperluas jaringan pemasaran produk, mengoptimalkan branding produk untuk menghadapi  persaingan dan meningkatkan produksi serta persediaan bahan untuk mengatasi fluktuasi ketersediaan dan harga bahan

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. J. Nadapdap, “Dinamika Produktivitas Padi , Jagung , dan Kedelai di Pulau Jawa , Indonesia,” J. Penelit. Pertan. Terap., vol. 17, no. 1, pp. 1–10, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/140220-ID-none.pdf.

A. Wahyudin, R. Ruminta, and S. A. Nursaripah, “Pertumbuhan dan hasil tanaman jagung (Zea mays L.) toleran herbisida akibat pemberian berbagai dosis herbisida kalium glifosat,” Kultivasi, vol. 15, no. 2, pp. 86–91, 2017, doi: 10.24198/kultivasi.v15i2.11867.

Eko, C. J. (2018). The Potency Test Six Varieties of Sweet Corn (Zea mays saccharata Sturt) on Lowland Pamekasan Regency. 6(1), 92–100. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131339

Mashuri, & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205

Wahyudin, A., Ruminta, R., & Nursaripah, S. A. (2017). Pertumbuhan dan hasil tanaman jagung (Zea mays L.) toleran herbisida akibat pemberian berbagai dosis herbisida kalium glifosat. Kultivasi, 15(2), 86–91. https://doi.org/10.24198/kultivasi.v15i2.11867

Published

2023-08-31

How to Cite

Hasanuddin, H., Iskandar, R., & Sutantio, R. A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Benih Jagung Manis (Zea mays saccharata) Varietas YS 12 Produksi CV. Danau Tondano Seed Expert Jember : Marketing Strategy Analysis for Uptain the Sale Volume of Sweet Corn Seeds (Zea Mays Saccharata) YS 12 Variety Producted from CV. Danau Tondano Seed Expert Jember. Jurnal Ilmiah Inovasi, 23(2), 212–217. https://doi.org/10.25047/jii.v23i2.4038

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>