Analisis Strategi Pemasaran Agens Hayati “PGPR Jakaba” Produksi Gabungan Kelompok Tani Sidorukun Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Jember

The Marketing Strategy Analysis for Biological Agencies PGPR Jakaba Joint Producion of Sidorukun Farmer Groups, Rambipuji Village, Rambipuji District, Jember

Authors

  • Yopi Hendrawan Politeknik Negeri Jember
  • Bagus Putu Yudhia Kurniawan Politeknik Negeri Jember
  • R.R. Lia Chairina Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v24i1.4537

Keywords:

Agens Hayati, Pemasaran, QSPM, SWOT

Abstract

Konsumen dewasa ini menyadari pentingnya memilih produk pertanian yang organik, bebas racun dan pestisida kimia, berkelanjutan, dan ramah lingkungan untuk generasi berikutnya, usaha pembiakan agens hayati dewasa ini memiliki potensi pasar yang besar. Untuk memilih strategi pemasaran yang tepat, analisis lingkungan internal dan eksternal diperlukan. Ini dicapai melalui pelaksanaan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT). Selanjutnya, analisis QSPM digunakan untuk menentukan strategi pemasaran mana yang harus diprioritaskan di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sidorukun. Untuk pemasaran agen hayati, "PGPR JAKABA" produksi gapoktan Tani Sidorukun desa Rambipuji ini adalah strategi alternatif untuk pemasaran agen hayati yang berfungsi sebagai modal untuk memanfaatkan kemajuan teknologi pemasaran dengan meningkatkan hasil uji Laboratorium mengenai keragaman unsur dan kerapatan mikroorganisme untuk memastikan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Dengan nilai TAS tertinggi 7,39, menangkap peluang pasar dari banyak petani dan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dicki Prayudi. 2020. Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship Vol. 9 No. 2 Juni 2020 hal. 224 – 240.

Assauri, Sofyan, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan kedelapan, Penerbit : Raja Grafindo, Jakarta.Sofyan, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan kedelapan, raja Grafindo, Jakarta

Rangkuti, F. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka USunyoto, D. 2013. Dasar Dasar Manajemen Pemasaran. CAPS. Jakarta

Hany Setyorini, Mas’ud Effendi, Imam Santoso. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (StudiKasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri 5(1): 46-53 (2016) ISSN 2252-7877 (Print) ISSN 2549-3892

David, Fred R. 2016, Manajemen Strategis Konsep. Edisi 12, Jilid I, Terjemahan oleh Dono Sunardi, Jakarta: Salemba Empat. Kotler, Philip. 2004. Marketing Management, The Millenium Edition. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall.

Published

2024-04-30

How to Cite

Hendrawan, Y., Yudhia Kurniawan, B. P., & Chairina, R. L. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Agens Hayati “PGPR Jakaba” Produksi Gabungan Kelompok Tani Sidorukun Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Jember: The Marketing Strategy Analysis for Biological Agencies PGPR Jakaba Joint Producion of Sidorukun Farmer Groups, Rambipuji Village, Rambipuji District, Jember . Jurnal Ilmiah Inovasi, 24(2), 140–150. https://doi.org/10.25047/jii.v24i1.4537

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.