ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN AYAM GORENG (STUDI KASUS PERUSAHAN X DI KABUPATEN JEMBER) (Influence Analysis on Customer Buying Decision of fried chicken in X Company (Study Case in X Company of Jember))

Hariadi Subagja, Estin Roso Pristiwaningsih, Joko Irsan Sanyoto, Agus Hadi Prayitno

Abstrak

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keputusan pembelian produk ayam goreng dan mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian di perusahaan X. Penelitian diakukan di dua tempat yang berbeda yaitu di jalan Gajah Mada nomor 74 dan Roxy Square yang terletak di jalan Hayam Wuruk Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan 75 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data hasil penelitian diolah menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, dan uji t. Hasil analisis menunjukkan persamaan Y= 3,040 - 0,103X1 + 0,473X2 + 0,060X3 + 0,133X4 + 1,170X5. Persamaan tersebut berarti setiap besaran keputusan pembelian dipengaruhi oleh X1 (harga) sebesar - 0,103, X2 (cita rasa) sebesar 0,473, X3 (promosi) sebesar 0,060, X4 (gaya hidup) sebesar 0,133, dan X5 (desain interior) sebesar 1,170. Hasil uji F menunjukkan secara bersama-sama semua variabel signifikan (P>0,05) terhadap keputusan pembelian di perusahaan X.

 

Kata kunci: Harga, Cita Rasa, Promosi, Gaya Hidup, Desain Interior, Keputusan Pembelian

 

 

ABSTRACT

This research aimed to know consider of consumer to decide of buying fried chicken and to know the dominan factor what it influence of buying decision in x company. The research was conducted at the two outlets, they were Gajah Mada street Number 74 dan Roxy Square Hayam wuruk street, Jember. The research method used was survey wtih 75 respondents that took by purposive sampling. The data result were analyzed using multiple linear regression analysis, F-test, and t-test. The result of analysis showed Y= 3,040 - 0,103X1 + 0,473X2 + 0,060X3 + 0,133X4 + 1,170X5. That equation means every level of consumer buying decision by X1 (price) equal to -0,103, X2 (taste) equal to 0,473, X3 (promotion) equal to 0,060, X4 (life style) equal to 0,133, and X5 (desain interior) equal to 1,170. The result of F-test showed that all of variabels has significant.

 

Keywords: Price, Taste, Promotion, Lifestyle, Desain Interior, Cunsomer Buying Decision

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Dien, H.H.M., S.G. Oroh, dan D. Soepono. 2016. Pengaruh kualitas produk, tampilan fisik dan mutu layanan terhadap loyalitas pelanggan di rumah makan ayam kuning lalapan Jogja. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16(2): 483-494.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2015. Produksi Daging Ayam Ras Pedaging Menurut Provinsi 2011-2015.

Kusherawati, I,, S., Widayanesti, dan K.R. Siregar. 2015. The Influence of store layout and desain interiors against a purchase decision: in KFC Fast Food Bandung, Indonesia. International Journal of Science and Research. 4(4): 1625-1629.

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi millennium. PT Prenhallindo. Jakarta.

Liwe, M. 2013. Kesadaran merek, keragaman produk dan kualitas produk pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan konsumen membeli di KFC Manado. Jurnal EMBA. 1(4): 2107-2116.

Nilasari, D.R. 2012. Pengaruh ketidak puasan konsumen, harga dan kebutuhan mencari variasi terhadap perpindahan merek sabun lifebuoy di Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Rahardjo, C.R. 2016. Faktor yang menjadi preferensi konsumen dalam membeli produk frozen food. Jurnal Manajemen dan Start Up Bisnis. 1(1): 32-44.

Rani, P. 2014. Factors influencing consumer behaviour. International Journal of Current Research and Academic Review. 2(9): 52-61.

SWA. 2014. Daftar Top 10 Perusahaan Restoran Fast food di Indonesia Tahun 2014. https://swa.co.id/swa/trends/ini-sebabnya-pelanggan-kfc-datang-kembali. Diakses tanggal 12 Februari 2017.

Simamora. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. PT Gramedia Pustakan Utama. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Usman, Husaini, dan P.S. Akbar. 2000. Pengantar Statistika. Sinar Grafika Ofset. Jakarta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.