Pengaruh Media Cakram Gizi Seimbang Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri di SMP Negeri 2 Banyuglugur

Authors

  • Shela Eka Prasetya Politeknik Negeri Jember
  • Galih Purnasari Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/harena.v3i3.2990

Keywords:

cakram gizi seimbang, pengetahuan, remaja, sikap

Abstract

Kebiasaan makan yang diperoleh semasa remaja akan berdampak pada kesehatan dalam fase kehidupan selanjutnya. Pengetahuan dan sikap yang baik merupakan faktor yang dapat mencegah terjadinya masalah gizi pada remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap sebelum dan setelah intervensi menggunakan media cakram gizi seimbang dengan materi pentingnya gizi seimbang terhadap remaja putri di SMP Negeri 2 Banyuglugur. Metode Penelitian menggunakan penelitian analitik kualitatif dengan pendekatan quasi eksperimental. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah one group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 responden. Analisis statistic menggunakan SPSS dengan uji statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon Signed Test. Hasil penelitian mnggunakan media cakram gizi seimbang rerata pengetahuan sebelum intervensi (46,00) setelah intervensi (82,50) (p=0,000). Sedangkan, rerata sikap sebelum intervensi (46,25) setelah intervensi (51,85) (p=0,000). Kesimpulan yaitu terdapat pengaruh intervensi media cakram gizi seimbang terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pada remaja putri.

References

1. Bedy M, Hidayanty H, Fatimah S. Pengaruh edukasi menggunakan booklet terhadap pengetahuan, sikap, konsumsi sayur dan buah remaja. [naskah publikasi]. Makasar: Program Studi S1 Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin. Makasar; 2018

2. Berthalina. Pengaruh promosi kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang pada siswa sekolah dasar negeri di Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan. 2015; 6 (1): 56-63

3. Cahyanti, I. S. 2017. Perbedaan Antara Penggunaan Media Cakram gizi Seimbang dan Leaflet terhadap Efektivitas, Efisiensi, dan Kenyamanan Konseling Gizi pada Kader Posyandu Di Desa Randugading Wilayah Kerja Puskesmas Tajinan. Poltekkes Negeri Malang.

4. Dedeh, dkk. (2010). Sehat Dan Bugar Berkat Gizi Seimbang. Sarana Bobo: Jakarta Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

5. Emilia, Esi.2008. Pengembangan Alat Ukur Pengetahuan, Sikap Dan Praktek Gizi Pada Remaja. Gizi dalam Daur Kehidupan. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wpcontent/uploads/2017/11/GIZI-DALAM-DAUR- KEHIDUPAN-FINAL-SC. pdf Gizi dan Kesehatan Remaja. Buku Pegangan dan Kumpulan Rencana Ajar untuk Guru Sekolah Menengah Pertama. 2016. SEAMEO RECFONKementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Bogor : Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

6. Fasella, D,F.2016. Asosiasi Kompetensi Tentang Pedoman Gizi Seimbang Dengan Status Indeks Massa Tubuh Remaja Putri Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bulusan Kota Semarang . Vol 2 No. 1, ID. 162543

7. Istiany, A., Rusilanti. 2014. Gizi Terapan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

8. Natadjaja L, Cahyono YB, Yuwono EC. Kondisi desain kemasan produk makanan ringan dan minuman instant pada industri kecil skala rumah tangga (micro industry) di Kabupaten Kediri

9. Wijayati M. Analisis pengetahuan, penerimaan, dan penggunaan media cakram gizi ibu hamil pada kader posyandu dan ibu hamil [skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor; 2018

10. Nuryani. 2019. Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Gizi Seimbang Pada Remaja: Dalam Ghidza: Jurnal Gizi dan Kesehatan, 3 (2), 2019, 37-46. Universitas Gorontalo, Indonesia .

11. Nuryani, Nuryani, and Rahmawati Rahmawati. "Kebiasaan jajan berhubungan dengan status gizi siswa anak sekolah di Kabupaten Gorontalo." Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition) 6.2 (2018): 114-122. Nuryani, Nuryani, and Rahmawati Rahmawati. "Kebiasaan jajan ber hubungan dengan status gizi siswa anak sekolah di Kabupaten Gorontalo." Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition) 6.2 (2018): 114-122.

12. Proverawati, Atikah dan Kusuma, Erna Wati. (2011). Ilmu Gizi Untuk Keperawatan & Gizi Kesehatan. Yogyakarta: PT Nuha Medika.

13. Rachman BN, Mustika IG, Kusumawati AW. Faktor yang berhubungan dengan perilaku konsumsi buah dan sayur siswa SMP di Denpasar. The Indonesian Journal of Nutrition. 2017;6(1)

14. Rooiqoh QF, Hidayat N, Herawati. Penggunaan media cakram diabetes dalam konseling untuk meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan diet pasien diabetes melitus tipe 2 di Puskesmas Godean

I. Karya Tulis Ilmiah. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Yogyakarta; 2018

15. Wijayati M. Analisis pengetahuan, penerimaan, dan penggunaan media cakram gizi ibu hamil pada kader posyandu dan ibu hamil [skripsi]. Bogor : Institut Pertanian Bogor; 2018

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Eka Prasetya, S., & Galih Purnasari. (2023). Pengaruh Media Cakram Gizi Seimbang Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri di SMP Negeri 2 Banyuglugur. HARENA : Jurnal Gizi, 3(3), 113–119. https://doi.org/10.25047/harena.v3i3.2990

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.