Analisis Strategi Pemasaran Bibit Tanaman Hutan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM di Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v22i2.3268Keywords:
Bibit Tanaman Hutan, Pemasaran, SWOTAbstract
Kebutuhan kayu menjadi pokok untuk industri manufaktur, pembangunan khususnya sektor properti selain itu juga untuk masyarakat. Kebutuhan kayu yang semakin hari naik maka harus di selaraskan dengan menambah jumlah produksi kayu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor dalam perusahaan (internal) dan luar perusahaan (eksternal) untuk memasarkan bibit tanaman kehutanan di Kabupaten Banyuwangi. Metode yang digunakan adalah Stenght, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT) untuk menentukan faktor dalam perusahaan (internal) dan luar perusahaan (eksternal). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa benih tanaman kehutanan yang berada di Kabupaten Banyuwangi yang di analisis menggunakan SWOT didapatkan 10 strategi dari faktor dalam perusahaan (internal) dan luar perusahaan (eksternal). Tahap yang harus dilakukan yaitu promosi harus lebih ditingkatkan, cara yang sebaiknya dilakukan yaitu promosi melalui media sosial atau media cetak, supaya masyarakat dapat mengetahui mengenai benih tanaman kehutanan yang berada di Kabupaten Banyuwangi sehingga menarik masyarakat untuk membeli. Kesimpulan dari pembahasan adalah perusahaan sebaiknya menerapkan strategi yang sesuai dengan analisis SWOT sehingga dapat mencapai tujuan yang di inginkan, dengan melakukan strategi pemasaran yang telah direkomendasikan maka masyarakat juga akan mengetahui mengenai pembibitan yang terdapat di Kabupaten Banyuwangi ini sehingga meningkatkan konsumen bahkan pelanggan yang ada
Downloads
References
Akhmad Sefudin. (2014). REDEFINISI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) “4P” ke “4C” (Studi Kasus pada Universitas Indraprasta PGRI). Journal ofApplied Business and Economics Volume, 1(1), 17–23.
Nurhasybi, D. J Sudrajat., dan E. Suita. (2019). Kriteria Bibit Tanaman Hutan Siap Tanam untuk Pembangunan Hutan dan Rehabilitasi Lahan. Bogor: PT Penerbit IPB Press
H, S., Mas’ud, E., & Imam, S. (2016). Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT Dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang), 5.
Kehutanan, D. (2020). Kehutanan dalam Angka Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Tahun 2015-2019. In Kehutanan dalam Angka Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Tahun 2015-2019.
Kehutanan, P. (2009). Penyelenggara Perbenihan Tanaman Kehutanan. In Penyelenggara Perbenihan Tanaman Kehutanan.
Nurhasybi, Sudrajat, D. J., & Suita, E. (2019). Kriteria bibit tanaman hutan siap tanam :
Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. In Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Nur S. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Benih Hortikultura CV.Sumber Horti Nasional. Magister Agribisnis, 19 (01): 1-9.
Statistik, B. P. (2018). Statistik Produksi Kehutanan Tahun 2018. In Statistik Produksi Kehutanan Tahun 2018. BPS Indonesia.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan dan Penelitian. In Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dian Fatwanita, Sumadi Sumadi, Nantil Bambang Eko Sulistyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).