Strategi Pengembangan Agribisnis Jahe Merah Instan Produksi Kelompok Tani Pucang Sari, Kelompok Tani Sinar Cabe dan Kelompok Wanita Tani Sri Tanjung di Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v22i3.3473Keywords:
Minuman Instan, SWOT, AHPAbstract
Minuman instan ekstrak jahe merah dimanfaatkan untuk menciptakan produk yang praktis dan efisien, sehingga diharapkan diperoleh manfaat bagi kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi pengembangan agribisnis jahe merah instan produksi kelompok tani di Kabupaten Banyuwangi. Metodologi yang digunakan adalah Evaluasi faktor internal dan eksternal selanjutnya dipetakan dalam matriks IFE EFE, dilanjutkan dengan analisis SWOT untuk menghasilkan strategi kompetitif alternatif dan menerapkan strategi pengembangan. Analisis SWOT digunakan untuk menyusun faktor-faktor strategis pada pengembangan agribisnis jahe merah instan ini, dilanjutkan analisis menggunakan AHP untuk mengetahui alternatif strategi yang menjadi prioritas utama dalam pengembangan agribisnis ini. Hasil penelitian menunjukkan nilai IFE dengan total score keseluruhan indikator internal yaitu sebesar 3,48 artinya agribisnis jahe merah instan ini dalam kategori kuat atau tinggi. Total score keseluruhan indikator eksternal pada matrik EFE yaitu 2,76 yang artinya agribisnis jahe merah instan dalam kategori rata-rata atau menengah. Pemetaan matriks IFE-EFE dilanjutkan dengan analisis SWOT memberikan delapan alternatif strategi, selanjutnya 8 alternatif strategi menghasilkan strategi prioritas yaitu mempertahankan pengembangan jahe merah oleh kelompok tani guna dapat meminimalisir fluktuasi harga bahan baku dengan jumlah nilai sebesar 1,30. Sehingga alternatif strategi mempertahankan pengembangan jahe merah oleh kelompok tani guna dapat meminimalisir fluktuasi harga bahan baku dapat diterapkan untuk membangun keunggulan kompetitif dan kemajuan Agribisnis Jahe Merah Instan Produksi Kelompok Tani di Kabupaten Banyuwangi.
Downloads
References
E. A. Nadia, “Efek pemberian jahe terhadap tekanan darah pada pasien hipertensi,” J. Med. Hutama, vol. 02, no. 01, pp. 343–348, 2020.
dkk Wijayanti, “Jurnal Abdimas Saintika,” J. Abdimas Saintika, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2019.
A. P. M. Mirza et al., “Peningkatan Keterampilan Pembuatan Olahan Minuman Berbahan Dasar Jahe sebagai Usaha Menguntungkan pada Kelompok PKK Kecamatan Wajak,” J. KARINOV, vol. 3, no. 3, pp. 181–188, 2020, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/16413.
dan E. H. K. Aryanti, Indah, Eva Sartini Bayu, “Identifikasi Karakteristik Morfologis dan Hubungan Kekerabatan pada Tanaman Jahe (Zingiber,” J. Agroekoteaknologi Online, vol. 3, no. 3, pp. 963–975, 2015.
W. A. Fauzan S, Diani F. R, Linda s. D, Qurrota A, “Pemberdayaan Masyarakat Desa Seketi Melalui Inovasi Olahan Jahe Merah,” Sinergi J. Pengabdi., vol. Volume 2, no. 1, pp. 65–68, 2020.
B. Argawan et al., “Pemanfaatan Digital Marketing Channel dalam Upaya Memperluas Pemasaran Produk Jahe Merah Instan Sarongge,” J. Pemberdaya. Masy. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 187–203, 2019, doi: 10.21632/jpmi.1.1.187-203.
F. B. Harlan, A. Wirawan, and N. A. Maulida, “Analisis Swot Tentang Strategi Pemasaran Agribisnis Di Pulau Setokok (Studi Kasus Komoditas Semangka),” J. AGRISEP Kaji. Masal. Sos. Ekon. Pertan. dan Agribisnis, vol. 20, no. 01, pp. 69–80, 2021, doi: 10.31186/jagrisep.20.01.69-80.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Bandung: Alfabeta, 2016.
F. Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus, Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI, Cetakan 19. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.
R. . David, Manajemen Stratejik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing, Edisi 15. Jakarta Selatan: Salemba Empat, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Margawati Nur Wulandari, Ridwan Iskandar, Sri Sundari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).