Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Pengunjung Wisata Desa Kemiri (Studi Kasus di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember)
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v22i3.3416Keywords:
Kano, Layanan Perbaikan, SerqualAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas layanan terhadap kepuasan pengunjung dan untuk menganalisis kepuasan pengunjung yang diberikan oleh pihak Desa Wisata Kemiri. Kualitas layanan dianalisis berdasarkan Serqual yang didalamnya terdapat dimensi berwujud (tangible), Keandalan (realibility), Daya tangkap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Dan Empati (Empathy) Sedangkan pengkategorian kualitas layanan dianalisis menggunakan Kano yang didalamnya ada kategori Must Be (Ditingkatkan), One Dimensional (Dipertahankan), Attractive (Diperhatikan). Metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitihan Kualitas Layanan terhadap Pengunjung di Desa Wisata Kemiri masih belum memenuhi harapan dari pengunjung yang datang. Karena dalam perhitungan menggunakan metode Servqual didapatkan hasil rata-rata kualitas layanan seluruh dimensi Service Quality adalah 0,83. Atribut – atribut yang harus diperhatikan, dipertahankan dan ditingkatkan pada Desa Wisata Kemiri dengan pengolahan menggunakan metode Kano sudah terbagi didalam beberapa kategori. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu memberikan peningkatan dalam upaya perbaikan layanan yang dilakukan oleh Manajemen Desa Wisata Kemiri
Downloads
References
Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Edisi ke-2. Hlm. 1-4. Jakarta: Grasindo.
BPS, (2015) Perolehan Devisa Indonesia menurut Lapangan Usaha. Pusat Data dan Informasi, dan Kementrian Pariwisata. Diakses Tanggal 01 April 2022
Digitalisasi UMKM Wisata Kemiri”. https://wisatakemiri.com. Diakses 10 April 2022 Pukul 12.30
Sucipto, Ilham. Wawancara Pribadi. 02-Februari -2022
Sugiyono (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta
Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Soetjipto, B. 1997. Pengembangan Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Kano, N. K., Seraku, F., Takahashi, & Tsuji, S. 1984. Attractive Quality and Must be Quality
Lupiyoadi, & Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Jakarta: Selemba Empat.
Ratminto, & Winarsih, A. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Riski Ramadani, Rizal Rizal, Bagus P. Yudia Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).