Strategi Pemasaran Produk Pestisida “Sidamethrin” PT Yasida Makmur Abadi, Gresik

Authors

  • An Nisa Rahmania Firdaus Politeknik Negeri Jember https://orcid.org/0000-0003-2679-6134
  • Bagus P. Yudia Kurniawan Politeknik Negeri Jember
  • Tanti Kustriari Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v22i3.3467

Keywords:

EFE, IFE, IE, AHP, Pemasaran Produk

Abstract

Penelitian ini memberikan masukan kepada perusahaan mengenai strategi pemasaran produk pestisida “sidametrin” PT Yasida Makmur Abadi Gresik. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah External Factor Evaluation (EFE), Internal Factor Evaluation (IFE), External Internal (IE), SWOT, dan Analytical Hierarchy Proces (AHP). Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan hasil kuisioner, antara lain: Faktor internal dalam pemasaran produk pestisida sidametrin PT Yasida Makmur Abadi, Gresik adalah kualitas produk sidametrin sangat terjamin, dan produk sidametrin mudah didapat dan tersedia dengan nilai pengaruh sebesar 0,44. Kelemahan utama dalam pemasaran produk pestisida sidametrin PT Yasida Makmur Abadi, Gresik adalah kemasan produk yang mudah rusak, dan wilayah distribusi yang terbatas dengan nilai pengaruh sebesar 0,3. Faktor eksternal dalam pemasaran produk pestisida sidametrin PT Yasida Makmur Abadi Gresik adalah potensi daerah dan tersedianya informasi bisnis online maupun offline yang dapat meningkatkan kegiatan promosi dengan nilai pengaruh sebesar 0,31. Ancaman utama dalam pemasaran produk pestisida sidametrin PT Yasida Makmur Abadi, Gresik adalah munculnya inovasi produk dari pesaing, munculnya pesaing dalam proses penjualan, bahan aktif yang sama dapat memberikan keuntungan lebih, dan gencarnya promosi produk pestisida sidametrin. pesaing dengan nilai pengaruh sebesar 0,29. Analisis IE, menunjukkan bahwa pemasaran produk pestisida sidametrin pt Yasida Makmur Abadi, Gresik berada pada kotak I (Agresif). Analisis AHP, salah satu alternatif strategi yang dapat digunakan yaitu pengembangan kualitas sumber daya manusia khususnya yang ada di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brinda, D.G. 2014. Inventory Management. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, 3(1), 8163-8176.

Devarajan, D., dan Jayamohan, M.S. 2016. Stock Control in a Chemical firm: Combined FSN and XYZ Analysis. Procedia Technology, 24, 562-567.

Sugiono. 2009. Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta

Suslinawati, M. Masyhuri dan M, Soedjono. 2001. Analisis Permintaan berdasarkan Jenis dan Strata Pendapatan di Kalimantan Selatan. Jurnal Agroekonomi Vol. VIII No. 1 Juni 2001. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Published

2022-12-30

How to Cite

Firdaus, A. N. R., Kurniawan , B. P. Y., & Kustriari, T. (2022). Strategi Pemasaran Produk Pestisida “Sidamethrin” PT Yasida Makmur Abadi, Gresik. Jurnal Ilmiah Inovasi, 22(3), 237–242. https://doi.org/10.25047/jii.v22i3.3467

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.