Penentuan Persepsi Konsumen dan Produsen Seblak “Preanger” dalam Menentukan Kepuasan Konsumen
Determination of Consumer and Producer perceptions of Seblak “Preanger” in Determining Customer Satisfaction
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v24i2.4744Keywords:
kepuasan konsumen, rekomendasi perbaikan, Quality Function DeploymentAbstract
CV Preanger Karya Nusantara merupakan pelaku usaha makanan yang menawarkan produk seblak dan memiliki citra produk dengan nama Seblak “Preanger”, yang berlokasi di Jalan Sumatra No. 122a, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk Seblak “Preanger” berdasarkan kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD). Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode QFD, dengan penilaian perspektif konsumen menghasilkan 10 atribut yaitu warna, aroma, rasa, varian toping, kemasan tidak mudah rusak dan bocor, kualitas bahan baku, desain kemasan menarik, harga, lokasi pembelian, dan service/pelayan. Terdapat 4 atribut yang perlu ditingkatkan kualitas seblak yaitu atribut rasa, kemasan produk tidak mudah rusak dan bocor, kualitas bahan baku, dan harga. Persepsi produsen prioritas perbaikan atribut produk Seblak “Preanger” berdasarkan House of Quality adalah menentukan supplier. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan produsen Seblak “Preanger” dapat mempertimbangkan rekomendasi perbaikan berdasarkan perspektif konsumen atribut rasa, kemasan produk tidak mudah rusak dan bocor, kualitas bahan baku, dan harga, serta persepsi produsen adalah menentukan supplier.
Downloads
References
Rimadias, S., R. Samuel, Z. Zaidan, V. Lifa, R. Riani, and D. Dhamayanti. 2023. “PENINGKATAN PERAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA UKM MIKRO RAJA SEBLAK MUMUNGGANG.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(2):1418–24.
Choiroh, A. 2023. “4 Rekomendasi Warung Seblak Paling Enak Di Jember, Murah Meriah, Kuah Pedasnya Nendang Abis.” Retrieved (https://jember.jatimnetwork.com/jember/amp/pr-516433438/4-rekomendasi-warung-seblak-paling-enak-di-jember-murah-meriah-kuah-pedasnya-nendang-abis?page=1).
Wijaya, T. 2018. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks.
Tjiptono, Fandy. 2001. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.
Agustin, D. 2006. “Teknik Pemilihan Dan Penyimpanan Bahan Baku.” Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dyah Kusuma Wardani , Nur Azizah, Ratih Puspitorini Y.A, Paramita Andini, Fredy Eka Ardhi Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).