Penentuan Persepsi Konsumen dan Produsen Seblak “Preanger” dalam Menentukan Kepuasan Konsumen

Determination of Consumer and Producer perceptions of Seblak “Preanger” in Determining Customer Satisfaction

Authors

  • Dyah Kusuma Wardani
  • Nur Azizah Politeknik Negeri Jember
  • Ratih Puspitorini Y.A
  • Paramita Andini
  • Fredy Eka Ardhi Pratama

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v24i2.4744

Keywords:

kepuasan konsumen, rekomendasi perbaikan, Quality Function Deployment

Abstract

CV Preanger Karya Nusantara merupakan pelaku usaha makanan yang menawarkan produk seblak dan memiliki citra produk dengan nama Seblak “Preanger”, yang berlokasi di Jalan Sumatra No. 122a, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk Seblak “Preanger” berdasarkan kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD). Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode QFD, dengan penilaian perspektif konsumen menghasilkan 10 atribut yaitu warna, aroma, rasa, varian toping, kemasan tidak mudah rusak dan bocor, kualitas bahan baku, desain kemasan menarik, harga, lokasi pembelian, dan service/pelayan. Terdapat 4 atribut yang perlu ditingkatkan kualitas seblak yaitu atribut rasa, kemasan produk tidak mudah rusak dan bocor, kualitas bahan baku, dan harga. Persepsi produsen prioritas perbaikan atribut produk Seblak “Preanger” berdasarkan House of Quality adalah menentukan supplier. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan produsen Seblak “Preanger” dapat mempertimbangkan rekomendasi perbaikan berdasarkan perspektif konsumen atribut rasa, kemasan produk tidak mudah rusak dan bocor, kualitas bahan baku, dan harga, serta persepsi produsen adalah menentukan supplier.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rimadias, S., R. Samuel, Z. Zaidan, V. Lifa, R. Riani, and D. Dhamayanti. 2023. “PENINGKATAN PERAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA UKM MIKRO RAJA SEBLAK MUMUNGGANG.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(2):1418–24.

Choiroh, A. 2023. “4 Rekomendasi Warung Seblak Paling Enak Di Jember, Murah Meriah, Kuah Pedasnya Nendang Abis.” Retrieved (https://jember.jatimnetwork.com/jember/amp/pr-516433438/4-rekomendasi-warung-seblak-paling-enak-di-jember-murah-meriah-kuah-pedasnya-nendang-abis?page=1).

Wijaya, T. 2018. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks.

Tjiptono, Fandy. 2001. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Agustin, D. 2006. “Teknik Pemilihan Dan Penyimpanan Bahan Baku.” Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan 4(1).

Published

2024-05-30

How to Cite

Wardani , D. K., Azizah, N., Puspitorini Y.A, R., Andini, P., & Ardhi Pratama, F. E. (2024). Penentuan Persepsi Konsumen dan Produsen Seblak “Preanger” dalam Menentukan Kepuasan Konsumen: Determination of Consumer and Producer perceptions of Seblak “Preanger” in Determining Customer Satisfaction. Jurnal Ilmiah Inovasi, 24(2), 114–121. https://doi.org/10.25047/jii.v24i2.4744

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>