Analisis Sikap Konsumen terhadap Buah Semangka Produksi Teaching Factory Kebun Inovasi Polije
Analysis of Consumers’ Attitudes towards Watermelon Produced by Teaching Factory of Innovation Garden Polije
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v23i3.4058Keywords:
multiatribut, fishbein, sikapAbstract
Teaching Factory Kebun Inovasi Polije berfokus pada aktivitas produksi berbagai tanaman pangan, hortikultura, dan bunga potong. Salah satu produk Kebun TeFa Inovasi yang telah diproduksi secara konsisten adalah buah semangka. Semangka merupakan tanaman hortikultura yang memiliki nilai ekonomi penting secara global. Produksi semangka untuk tujuan komersil perlu mempertimbangkan sudut pandang konsumen sebagai pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut-atribut pada buah semangka yang dianggap penting oleh konsumen. Sebanyak lima atribut buah semangka dianalisis, diantaranya harga, warna daging buah, ukuran, berbiji/tidaknya buah, dan bentuk buah. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 50 orang responden yang merupakan konsumen buah semangka produksi TeFa Kebun Inovasi Polije. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis multiatribut Fishbein. Hasil analisis menunjukkan bahwa atribut warna daging buah mendapat respon positif dari konsumen, dengan nilai sikap sebesar 16,72. Sebanyak 78% konsumen memilih mengkonsumsi buah semangka merah, sisanya 22% memilih mengkonsumsi buah semangka kuning. Konsumen semangka bersikap netral terhadap atribut harga (15,36); berbiji/tidaknya buah (14,58); ukuran buah (14,06); dan bentuk buah (10,89).
Downloads
References
R. A. Fitri, M. Jefri, and P. Purnamawati, “Persepsi Masyarakat Terhadap Lulusan Pendidikan Umum dan Pendidikan Kejuruan pada Tingkatan Pendidikan Vokasi,” Vocat. J. Inov. Pendidik. Kejuru., vol. 2, no. 2, pp. 174–179, 2022.
S. Guo et al., “Comparative Transcriptome Analysis of Cultivated and Wild Watermelon During Fruit Development,” PLoS One, vol. 10, no. 6, p. e0130267, 2015.
M. B. Kalie, Bertanam Semangka. Jakarta: Penebar Swadaya, 1992.
BPS, “Produksi Tanaman Buah-buahan,” 2022.
R. Sambelorang and J. Nayoan, “Effect of Cow Manure on The Growth and Crop Production of Watermelon (Citrullus lanatus),” J. Agroekoteknologi Terap., vol. 1, no. 2, pp. 47–49, 2020.
A. Wahyudi and R. Dewi, “Upaya Perbaikan Kualitas dan Produksi Buah Menggunakan Teknologi Budidaya Sistem ToPAS pada 12 Varietas Semanga Hibrida,” J. Penelit. Pertan., vol. 17, no. 1, pp. 17–25, 2017.
Z. B. Muhammad, A. Suryawati, and E. Wahyurini, “Pendugaan Parameter Genetik pada Sifat Kuantitatif Beberapa galur Tanaman Semangka (Citrullus lanatus L) Generasi F2,” UPN" Veteran" Yogyakarta, 2023.
I. Tasma, “Pemanfaatan Teknologi Sekuensing Genom untuk Mempercepat Program Pemuliaan Tanaman,” 2015.
H. Sujadmiko, B. S. Daryono, H. Hanini, and S. Supriyadi, “Pengembangan Benih Unggul Semangka Citra Jingga Melalui Teknik Kastrasi dan Polinasi di Desa Depokrejo, Purworejo, Jawa Tengah,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. (Indonesian J. Community Engag., vol. 6, no. 2, pp. 129–135, 2021.
K. A. M. Khusna, H. Irianto, and Setyowati, “Analisis Preferensi Konsumen terhadap Buah Semangka di Kota Surakarta,” AGRISTA, vol. 4, no. 3, pp. 461–468, 2016.
I. G. A. K. T. Perdani, I. G. A. A. Artini, and N. W. P. Artini, “Analisis Preferensi Konsumen terhadap Buah Semangka di Pasar Tradisional Kota Denpasar,” J. Agribisnis dan Agrowisata, vol. 11, no. 1, pp. 425–434, 2022.
M. Otang, Y. Y. Da Rato, and S. Noni, “Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Buah Seangka (Citrullus Vugaris) di Kebuan Praktek Fakultas Pertanian Universitas Nusa Nipa Indonesia,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 447–455, 2021.
S. A. Wisang, H. Sastryawanto, and Koesriwulandari, “Analisis Preferensi Knsumen Buah Semangka (Citrullus lanatus) di Pasar Tradisional Moni Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur,” Sosio Agribis, vol. 21, no. 2, pp. 19–33, 2021.
L. Andini, M. S. Wedastra, I. A. K. Marini, I. D. G. Suartha, and B. W. Dharma, “Keputusan Konsumen dalam Pembelian Buah Semangka di UD. Yasmin Kota Mataram,” GANEC SWARA, vol. 14, no. 2, pp. 608–614, 2020.
N. Arifianto, S. Wahyuningsih, and L. A. Sasongko, “Consumers Preference towards Watermelon in Semarang,” MEDIAGRO, vol. 4, no. 2, 2008.
E. Ido, M. F. Anwar, and R. Dewati, “Preferensi Konsumen Buah Semangka di Pasar Semangka Kecamatan Jebres Kota Surakarta,” J. Agribusiness, Soc. Econ., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2023.
I. Alwi, “Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 2, no. 2, pp. 140–148, 2015.
B. N. Rachman, I. G. Mustika, and I. G. A. W. Kusumawati, “Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Konsumen Buah dan Sayur Siswa SMP di Denpasar,” J. Gizi Indones., vol. 6, no. 1, pp. 9–16, 2017.
I. M. Rosyidi, Kusnandar, and S. Marwanti, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Semangka di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo,” AGRISTA, vol. 4, no. 3, pp. 13–23, 2016.
A. Wassenaar, E. Kempen, and T. van Eeden, “Exploring South African Consumers’ Attitudes towards Game Meat—Utilizing A Multi‐Attribute Attitude Model,” Int. J. Consum. Stud., vol. 43, no. 5, pp. 437–445, Sep. 2019, doi: 10.1111/ijcs.12523.
J. Supriyanti, N. Karjunita, and Kuswandi, “Preferensi Konsumen Terhadap Kualitas Buah Semangka di Kabupaten Sijunjung,” J. Agribisnis Unisi, vol. 11, no. 1, pp. 11–20, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tia Sofiani Napitupulu, Sumarlina Sumarlina, Datik Lestari, Fitri Krismiratsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).