Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Melalui Analisis Riset Pasar Pada UMKM Kota Tegal
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v6i1.2297Keywords:
Riset Pasar, UMKMAbstract
Riset pasar adalah proses identifikasi, pengumpulan, analisis, diseminasi, serta penggunaan informasi secara sistematik dan obyektif untuk membantu manajemen membuat keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan penyelesaian masalah dalam bidang pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk mengembangkan UMKM di Kota Tegal adalah melalui pemanfaatan peluang yang ada dengan melakukan ekspansi pasar, memperbesar pertumbuhan produksi dan mengupayakan kemajuan teknologi secara maksimal. Strategi tersebut dapat dilakukan salah satunya adalah dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui pendapat dan kebutuhan konsumen terkait produk yang ditawarkan oleh UMKM di Kota Tegal. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini telah berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Dari kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat dapat dikatakan berhasil dan mendapatkan tanggapan positif peserta kegiatan yang merupakan UMKM Kota Tegal. Hal tersebut ditunjukkan dengan semakin berkembangnya pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan peserta mengenai riset pasar.
Downloads
References
Aditama., 2014. Riset Pasar Produk Keripik Tempe Sagu. Skripsi, Program Studi Teknik Industri. Fakultas Industri, Universitas Atmajaya Yogyakarta.
Karunia, Anita, dkk., 2019. Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tegal.
Sugiyono, 2014. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Anita Karunia, Arifia Yasmin, Hikmatul Maulidah, Ririh Sri Harjanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.