DINAMIKA KELOMPOK DILIHAT DARI ASPEK PSIKOSOSIAL PADA IBU-IBU PENGAJIAN (STUDI IBU-IBU PENGAJIAN JAMAAH MASJID JAMI AL BAROKAH CIPUTIH BOGOR)
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v12i1.329Abstract
Penelitian ini dilakukan di kompeks Perumahan Gang Masjid Jami AL BAROKAH Ciherang, Ciputih Bogor dengan tujuan untuk 1) menganalisis tentang tingkat kedinamisan dengan pendekatan psikososial kelompok pengajian Ibu-ibu Jamaah Masjid Jami AL BAROKAH Ciputih Bogor dan 2) untuk mendapatkan gambaran dinamika kelompok dengan pendekatan psikososial pada kelompok pengajian Ibu-ibu Jamaah Masjid Jami AL BAROKAH Ciputih Bogor. Berdasarkan analisis yang dilakukan dihasilkan bahwa : 1) Kelompok pengajian tergolong dinamis karena rata-rata skor penilaian semua variable menunjukkan baik. Jadi semakin baik kedinamisan kelompok maka perubahan perilaku semakin baik, misalnya anggota yang dahulu ikut hanya ikut-ikutan maka sekarang ikut kelompok tersebut atas kesadaran anggota sendiri. 2) Perubahan tingkah laku dapat meningkatkan produktivitas anggota kelompok. Jadi semakin tinggi produktivitas maka semakin baik pula perubahan perilaku.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2012-02-21
How to Cite
Kurniawati, D. (2012). DINAMIKA KELOMPOK DILIHAT DARI ASPEK PSIKOSOSIAL PADA IBU-IBU PENGAJIAN (STUDI IBU-IBU PENGAJIAN JAMAAH MASJID JAMI AL BAROKAH CIPUTIH BOGOR). Jurnal Ilmiah Inovasi, 12(1). https://doi.org/10.25047/jii.v12i1.329
Issue
Section
Article
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).