Model Pemasaran Waralaba CBezt Kabupaten Jember

Authors

  • Dewi Kurniawati Politeknik Negeri Jember
  • Davito Hanjaya Putra Politeknik Negeri Jember https://orcid.org/0000-0002-2604-3848
  • Ratih Puspitorini Yekti Ambarkahi Politeknik Negeri Jember
  • Wenny Dhamayanthi Politeknik Negeri Jember
  • Amalia Dwi Marseva Politeknik Negeri Jember https://orcid.org/0000-0003-1198-5610

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v22i3.3399

Keywords:

Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM

Abstract

Usaha waralaba CBezt merupakan industri mikro yang bergerak di bidang pengolahan dan menjual makanan siap saji, produk yang dihasilkan adalah ayam goreng yang merupakan makanan khas waralaba. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis faktor yang menjadi kekuatan (strength), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) pada pemasaran waralaba CBezt Gunung Batu di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, (2) Merumuskan alternatif strategi pemasaran ayam goreng yang tepat pada waralaba, (3) Menentukan prioritas strategi pemasaran ayam goreng yang sesuai pada waralaba. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada sel V dimana strategi yang tepat digunakan adalah strategi menjaga dan mempertahankan melalui strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar ataupun produk. Berdasarkan hasil analisis QSPM, dari enam alternatif strategi yang telah dibuat terdapat satu alternatif strategi yang paling diminati dan memiliki nilai prioritas tertinggi yaitu mempertahankan kualitas bahan baku dan produk dengan skor TAS sebesar 7,190.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dewi Kurniawati, Politeknik Negeri Jember

Program Studi Manajemen Agroindustri, Jurusan Manajemen Agribisnis

References

Suharnoko. 2004. Sejarah dan Pengertian Franchise. Jakarta Timur: Prenada Media.

Luntungan W.G.A dan Tawas H.N. 2019. Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA. Vol.7(4) 2019.

Mahendra A.M dan Saino. 2015. SWOT Analisis sebagai Perencanaan Strategi Pemasaran dalam Upaya Membangkitkan Usaha Sepatu di Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan Kab. Mojokerto (PPST Kabupaten Mojokerto). Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol 3 (2) 2015.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Andriani, F., Tasa, N. N., Nurhasanah, S., Oktaviani, S., & Putri, A. M. (2021). Penerapan Analisis Swot Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2904–2910.

Taufik, H, Mahanani, R.S, Kurniawati, D. 2016. Kajian Potensi dan Strategi Pengembangan Agribisnis di Kawasan Pesisir Kabupaten Jember. Dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2016. P3M Politeknik Negeri Jember. Hal 11-14.

Published

2022-12-30

How to Cite

Kurniawati, D. ., Putra, D. H., Yekti Ambarkahi, R. P., Dhamayanthi, W., & Dwi Marseva, A. (2022). Model Pemasaran Waralaba CBezt Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah Inovasi, 22(3), 243–250. https://doi.org/10.25047/jii.v22i3.3399

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>