Analisis Strategi Pemasaran Abon Ikan Bandeng Laut Produksi Usaha Mikro “Dpore Meme” Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo
Marketing Strategy Analysis of Shredded Sea Milkfish Production of "Dpore Meme" Alasmalang Village, Panarukan District, Situbondo Regency
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v23i1.3814Keywords:
abon ikan bandeng laut, strategi pemasaran, SWOT, QSPMAbstract
Pemanfaatan ikan bandeng laut di Kabupaten Situbondo terbatas dijual dalam bentuk segar dan bernilai jual rendah sehingga dilakukan diversifikasi olahan perikanan menjadi produk abon ikan bandeng laut. Kendala pemasaran abon ikan bandeng laut diantaranya adalah hasil penjualan belum memenuhi target penjualan, promosi belum dikelola secara baik, dan banyaknya pesaing. Penelitian ini dilakukan di Usaha Mikro “Dpore Meme” Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo dengan tujuan untuk menganalisis faktor inrernal dan eksternal pemasaran abon ikan bandeng laut, formulasi alternatif strategi, dan prioritas strategi berdasarkan analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian adalah diperoleh alternatif strategi antara lain meningkatkan kualitas produk untuk mendapatkan kepuasan konsumen, mengoptimalkan lokasi strategis dan pelayanan prima untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas jaringan pemasaran, meningkatkan kapasitas SDM pemasaran, kualitas kemasan dan produk untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas, membangun brand awareness produk, membangun kerjasama dengan pemasok bahan baku, dan edukasi pasar. Prioritas strategi adalah meningkatkan kapasitas SDM pemasaran, kualitas kemasan dan produk untuk memperluas akses pasar dengan nilai TAS tertinggi yaitu 6,75
Downloads
References
Arjang, Harwin, Wahyuddin Hamid, Andi Risma Jaya. 2019. Pelatihan Marketing Strategi Tenaga Pemasaran Guna Pencapaian Target Penjualan. BAKTIMAS Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 1, No. 4, Desember 2019
Irmantoro, F. 2018. Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Konsumen Mi Instan Merek Indomie Di Wilayah Alhamam Riyadh). Jurnal Administrasi Bisnis. 57 (1), 84-85.
Kementrian Kelautan Perikanan. 2022. Statistik Kelautan Perikanan : Produksi Perikanan Bandeng. https://statistik.kkp.go.id/
Lumintang, Greifie dan Jopie J, Rotinsulu. 2015. Analisis Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Holland Bakery Boulevard Manado. Jural EMBA Vol.3 No.1, 1291-1302.
Muchtadi, Deddy. 2009. Prinsip Teknologi Pangan Sumber Protein. Bandung: Alfabeta.
Pusat Pelatihan Dan Penyuluhan Kelautan Dan Perikanan. 2022. KKP Tingkatkan Konsumsi Ikan Melalui Diversifikasi Olahan Produk. BRSDMKP. https://kkp.go.id/puslatluh/artikel/41951
Swastha, B. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: BPFE.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nila Viva Rahman, Rizal Rizal, Bagus Putu Yudhia Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).