Analisis Strategi Pemasaran Abon Ikan Bandeng Laut Produksi Usaha Mikro “Dpore Meme” Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo

Marketing Strategy Analysis of Shredded Sea Milkfish Production of "Dpore Meme" Alasmalang Village, Panarukan District, Situbondo Regency

Authors

  • Nila Viva Rahman Politeknik Negeri Jember
  • Rizal Rizal Politeknik Negeri Jember
  • Bagus Putu Yudhia Kurniawan Politeknik Negeri Jember https://orcid.org/0000-0002-4268-8363

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v23i1.3814

Keywords:

abon ikan bandeng laut, strategi pemasaran, SWOT, QSPM

Abstract

Pemanfaatan ikan bandeng laut di Kabupaten Situbondo terbatas dijual dalam bentuk segar dan bernilai jual rendah sehingga dilakukan diversifikasi olahan perikanan menjadi produk abon ikan bandeng laut. Kendala pemasaran abon ikan bandeng laut diantaranya adalah hasil penjualan belum memenuhi target penjualan, promosi belum dikelola secara baik, dan banyaknya pesaing. Penelitian ini dilakukan di Usaha Mikro “Dpore Meme” Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo dengan tujuan untuk menganalisis faktor inrernal dan eksternal pemasaran abon ikan bandeng laut, formulasi alternatif strategi, dan prioritas strategi berdasarkan analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian adalah diperoleh alternatif strategi antara lain meningkatkan kualitas produk untuk mendapatkan kepuasan konsumen, mengoptimalkan lokasi strategis dan pelayanan prima untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas jaringan pemasaran, meningkatkan kapasitas SDM pemasaran, kualitas kemasan dan produk untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas, membangun brand awareness produk, membangun kerjasama dengan pemasok bahan baku, dan edukasi pasar. Prioritas strategi adalah meningkatkan kapasitas SDM pemasaran, kualitas kemasan dan produk untuk memperluas akses pasar dengan nilai TAS tertinggi yaitu 6,75

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arjang, Harwin, Wahyuddin Hamid, Andi Risma Jaya. 2019. Pelatihan Marketing Strategi Tenaga Pemasaran Guna Pencapaian Target Penjualan. BAKTIMAS Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 1, No. 4, Desember 2019

Irmantoro, F. 2018. Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Konsumen Mi Instan Merek Indomie Di Wilayah Alhamam Riyadh). Jurnal Administrasi Bisnis. 57 (1), 84-85.

Kementrian Kelautan Perikanan. 2022. Statistik Kelautan Perikanan : Produksi Perikanan Bandeng. https://statistik.kkp.go.id/

Lumintang, Greifie dan Jopie J, Rotinsulu. 2015. Analisis Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Holland Bakery Boulevard Manado. Jural EMBA Vol.3 No.1, 1291-1302.

Muchtadi, Deddy. 2009. Prinsip Teknologi Pangan Sumber Protein. Bandung: Alfabeta.

Pusat Pelatihan Dan Penyuluhan Kelautan Dan Perikanan. 2022. KKP Tingkatkan Konsumsi Ikan Melalui Diversifikasi Olahan Produk. BRSDMKP. https://kkp.go.id/puslatluh/artikel/41951

Swastha, B. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: BPFE.

Published

2023-04-30

How to Cite

Viva Rahman, N., Rizal, R., & Yudhia Kurniawan, B. P. . (2023). Analisis Strategi Pemasaran Abon Ikan Bandeng Laut Produksi Usaha Mikro “Dpore Meme” Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo: Marketing Strategy Analysis of Shredded Sea Milkfish Production of "Dpore Meme" Alasmalang Village, Panarukan District, Situbondo Regency. Jurnal Ilmiah Inovasi, 23(1), 10–16. https://doi.org/10.25047/jii.v23i1.3814

Issue

Section

Article

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)