Pengembangan Sistem Peminjaman Alat dan Bahan Laboratorium Berbasis Website dengan Teknologi Scan Barcode
Development of Website-Based Laboratory Equipment and Materials Loan System with Barcode Scan Technology
DOI:
https://doi.org/10.25047/plp.v5i1.6241Keywords:
Aplikasi, Peminjaman Alat dan Bahan, Laboratorium, BarcodeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi layanan peminjaman alat dan bahan laboratorium berbasis Flutter guna mengatasi permasalahan sistem manual yang tidak efisien di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Aplikasi dirancang berdasarkan hasil analisis kebutuhan pengguna dan diuji melalui pendekatan PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service). Flutter dipilih karena kemampuannya membangun aplikasi lintas platform (Android dan iOS) dari satu basis kode, serta menyediakan antarmuka yang responsif dan cepat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur aplikasi, termasuk login, peminjaman, validasi, serta cetak laporan, berjalan secara optimal. Sebagian besar responden menyatakan bahwa aplikasi ini mempermudah proses administrasi, mempercepat layanan, serta meningkatkan transparansi dan kenyamanan pengguna. Efisiensi waktu meningkat signifikan, dari rata-rata 10 menit menjadi 2–3 menit per transaksi. Dengan demikian, aplikasi ini dinilai layak diimplementasikan secara luas untuk mendukung transformasi digital di lingkungan laboratorium pendidikan kesehatan, sekaligus memberikan kontribusi dalam pengembangan sistem informasi praktikum yang lebih terstruktur, efisien, dan mudah diakses oleh mahasiswa dan petugas laboratorium.
Downloads
References
[1] Abdillah, R., Kuncoro, A., & Kurniawan, I. (2019). Analisis Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android Dan Desain Sistem Menggunakan Uml 2.0. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 4(1). https://doi.org/10.31949/th.v4i1.1439
[2] Akbar, H. M., Az-Zahra, H. M., & Prakoso, B. S. (2023). Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile KAI Access menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan Usability Testing (Studi Kasus: PT. KAI). In Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (Vol. 7, Issue 7, pp. 3537–3547). https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13040
[3] Aminah, S. (2018). Implementasi Model Addie pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus pada SMP Negeri 8 Pagaralam ). Jurnal Ilmiah Betrik, 9(03), 152–162. https://doi.org/10.36050/betrik.v9i03.41
[4] Astuti, R. (2020). Manajemen Laboratorium yang cerdas, cermat dan Selamat,. Cv Jejak. Decaprio, R. (2013). Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Diva Press.
[5] Gusrinda, L. P., Fanani, L., & Supianto, A. A. (2020). Perancangan User Experience Aplikasi Pendukung Evaluasi dan Analisis Proses Pembelajaran untuk Guru Berbasis Android dengan Metode User-Centered Design dan Design Solution. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(4), 1221–1230. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7179
[6] Mawarni, I. T. A., & Wibawa, A. P. (2020). Analisis Persepsi Pengguna dengan Melihat Kualitas Layanan pada Aplikasi Mobile Transportasi Online. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 23–28. https://doi.org/10.35314/INOVBIZ.V8I1.1286
[7] Rachma, E. A. (2015). Penggunaan Aplikasi E-Surat Sikd (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis) Dalam Pengelolaan Arsip Elektronik Untuk Mendukung E-Government Di Badan Arsip Dan Perpustakaan Kota Surabaya. https://ejournal.unesa.ac.id
[8] Silitonga, A. I., Hastuti, P., Thohiri, R., & Pulungan, A. F. (2022). Implementasi Addie Model Dalam Pengembangan E-Module Berbasis Case Method. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 6(2), 101–126. https://doi.org/10.29103/sisfo.v6i2.10298
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Noor Adha Aprilea, Siti Noor A'in A'fifah Puteri, Raudatul Jannah, Norlaila Sofia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Semua orang diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun.
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Attribution — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
